Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Rakor Percepatan LTT dan Pupuk Tingkat Kab. Tegal

Tegal, IMC - Rakor Percepatan LTT dan Pupuk tingkat Kab. Tegal, yang di pimpin oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab Tegal, Ibu Khofifah, dan diikuti sekitar 80 orang dilaksanakan pada Selasa tanggal 30 Mei 2017 pukul 09:00 s.d. 12:00 wib. Kegiatan dilangsungkan di Ruang rapat Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal Jl. A.Yani No 17A Kel. Procot Kec. Slawi Kab. Tegal.
Hadir dalam acara tersebut antara lain Kasdim 0712/ Tegal Mayor Inf Sugiharto, Admin LTT Kab Tegal Bapak Anggi, para Kepala UPTD Pertanian se-Kab Tegal, para distributor pupuk se-Kab. Tegal, para produsen pupuk se-Kab Tegal, dan para PPL se-Kab. Tegal.
Adapun hasil Rakor pertaman mempercepat LTT Padi dari target Pusat 9515 Ha pada bulan Mei 2017, dimana tiap-tiap kecamatan mempertangung jawabkan luas lahan sawah jenis tanaman yang ditanam.
Kedua, dari target tersebut Kab. Tegal bisa memperoleh angka LTT 7228 Ha pada bulan Mei 2017 atau mencapai 75,96%.
Ketiga, bahwa sampai bulan Mei 2017 kondisi pupuk di Pengecer sangat menipis, atau jika dirata-rata satu kecamatan hanya tinggal 50 Ton per bulan sampai bulan Desember 2017, hal ini terjadi karena 40% dari petani belum mempunyai kartu Tani.
Keempat, untuk mengatasi permasalahan tersebut para penyuluh diharapkan secepatnya bisa menyelesaian terkait dengan pendataan petani yang belum mempunyai kartu tani.
Kelima, dalam hal ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab. Tegal telah mengusulkan kepada kepala dinas provinsi agar ada tambahan alokasi pupuk mengacu kepada RDKK ( Rencana Definitif Kebutuhan kelompok ) konvensional.
Keenam, adapun kendala yg dihadapi saat ini adalah kesulitan mendata para petani karena saat ini para petani belum membutuhkan pupuk.
Terakhir, yang ketujuh, untuk solusi yang ditempuh diharapkan para distributor pupuk bersama- sama penyuluh untuk bisa mengintensifkan pendataan petani yang belum mempunyai kartu tani. (Teguh)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: