Danramil Binangun Hadiri Acara Adat Budaya Asok Glondong Pengareng Areng



Cilacap, Jateng | IMC - Pgs Danramil 04/Binangun Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Sueb menghadiri acara festival budaya dalam rangka kegiatan sosial kemasyarakatan asok glondong pengareng areng (pembayaran pajak bumi dan bangunan sehari lunas serentak se Desa Kepudang). Yang digelar di pendopo balai Desa setempat. Rabu (01/02/23)

Hadir dalam acara tersebut,Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar, SKM, M.Sc, M.Si beserta rombongan, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, Camat Binangun Nurindra Wahyu Wibawa, S.Sos, M.Si, Pgs. Danramil 04/Binangun Kapten Inf Sueb, Kapolsek Binangun AKP Siwan, S.H, M.M, Kades Kepudang Bapak Kasno,SH, Kades se Kecamatan Binangun, Para Tamu undangan dan tokoh masyarakat Desa Kepudang, Para Warga masyarakat Desa Kepudang. 

Sambutan Kades Kepudang Kasno, SH, Ucapan salam dan selamat datang kepada Pj. Bupati Cilacap beserta Rombongan, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Forkompincam Binangun Serta seluruh tamu undangan yang hadir. Alhamdulillah acara ini dapat dihadiri oleh Pj. Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Cilacap suatu kebanggaan bagi Kami mewakili seluruh warga Desa Kepudang.

"Acara pembayaran pajak serentak (satu hari lunas) yang dipadukan dengan adat budaya lokal yaitu adat Budaya Asok Glondong Pengareng Areng, pembayaran pajak seperti itu merupakan tradisi warisan leluhur dan sudah dilaksanakan setiap tahunnya,"ungkap Kades Kepudang.

Sambutan Camat Binangun Nurindra Wahyu Wibawa, S.Sos, M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan festival budaya ini sudah dilaksanakan setiap tahunnya dan dikemas dengan adat dalam pembayaran PBB Desa Kepudang secara serentak se Desa Kepudang. Alhamdulillah sampai dengan saat ini wilayah Kecamatan Binangun terdapat aman dan situasi secara umum lancar aktivitas dan kegiatan pemerintahan berjalan lancar

Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Hidayat mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan Desa Kepudang yang telah melaksanakan kegiatan adat budaya ini selain melestarikan budaya juga turut serta mendukung program pemerintah dalam memberikan pemasukan kepada negara melalui asok glondong pengareng areng sebagai pembayaran pajak bumi dan bangunan se Desa Kepudang.

Dalam sambutan Pj. Bupati Cilacap Ibu Yunita Dyah Suminar sangat mengapresiasi kepada Desa Kepudang yang telah membayar lunas serentak dalam sehari pembayaran pajak bumi dan bangunan se Desa Kepudang yang dikemas dalam bentuk kegiatan festival budaya.

"Semoga program ini terus berkembang dan dapat dilaksanakan di setiap Desa yang ada khususnya di wilayah Kecamatan Binangun dan Kabupaten Cilacap pada umumnya,"ungkapnya.

Beliau titip kepada Bapak Camat dan Kades se Kecamatan Binangun untuk turut serta mendukung program pengentasan Stunting di Kabupaten Cilacap karena sudah menjadi program pemerintah.

"Semoga semua roda pemerintahan yang ada di wilayah Kecamatan Binangun dapat berjalan dengan lancar baik dan sinergis dan saling mendukung,"pungkasnya.

Kapten Inf Sueb mengatakan, tradisi yang ada di Desa Kepudang ini merupakan peristiwa budaya yang sangat langka. 

"Pembayaran pajak serempak seluruh warga Desa yang dipadu dengan kebudayaan dan kesenian, menjalankan tradisi warisan leluhurnya,"ujar Danramil.(Sty/Red) 



Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال