Dua Kapal Perang IRINS Makran-441 Dan IRINS Dena-75 Iran Ke Indonesia

 

Kapal perang Iran, IRINS Dena-75, tengah bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (9/11/2022), untuk melaksanakan misi perdamaian di Indonesia. ( Foto ANTARA/Komando Armada Indonesia TNI AL )



Jakarta, IMC - Kapal perang Iran, IRINS Dena-75, tengah bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (9/11/2022), untuk melaksanakan misi perdamaian di Indonesia.

Dua kapal perang asal Iran, IRINS Makran-441 dan IRINS Dena-75, bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dalam rangka melakukan misi perdamaian di Indonesia.

Kedua kapal perang itu telah berada di wilayah perairan Indonesia sejak 5 November 2022. Komandan IRINS Dena-75, F Fattahi, mengatakan, misi perdamaian tersebut berkaitan dengan perbincangan pengamanan jalur lintas laut untuk kapal komersil kedua negara.


“Pada dasarnya, isinya mencoba mengamankan jalur lalu lintas internasional, khususnya kapal-kapal komersial Iran,” kata Fattahi di atas IRINS Dena-75, seperti dikutip Antara, Rabu, 9 November 2022.

Fattahi menjelaskan, misi perdamaian yang dibawa tersebut dikeluarkan langsung oleh Markas Besar Angkatan Laut Iran. Setelah melakukan misi di Indonesia, dia belum mengetahui akan menuju negara mana lagi untuk menyebarkan misi perdamaian ini.

“Sebagai salah satu anggota Angkatan Laut, kami hanya akan melaksanakan tugas,” ujar Fattahi seraya menambahkan dalam satu atau hari ke depan akan keluar dari Indonesia.

Sementara itu, Kepala Staf Komando Armada Indonesia TNI AL, Laksamana Muda TNI Yayan Sofyan, yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan kerja sama antara TNI AL dan Angkatan Laut Iran diharapkan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang dan tetap memiliki semangat yang sama dalam menjaga stabilitas keamanan di kawasan

“Kerja sama antara Angkatan Laut kedua negara telah terjalin sejak lama, dan kunjungan dua kapal perang Iran di Jakarta, menjadi momentum yang sangat baik dalam meningkatkan hubungan sekaligus berbagi pengalaman para personel Angkatan Laut kedua negara,”ujar Laksamana Muda TNI Yayan Sofyan menambahkan.(Rachman Salihul Hadi/Red.).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال