Prajurit Kodim Cilacap Didadak Cek Urine Oleh BNNK



Cilacap | Jateng, IMC - Perangi dan berantas penyebaran Narkoba, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Cilacap dibawah pimpinan AKBP Drs. Triatmo Hamardiyono, M.Si, berikan pembekalan/penyuluhan tentang bahaya Narkoba dan Zat Adiktif lainnya (Napza) kepada seluruh Prajurit TNI Kodim 0703/Cilacap di Aula Satya Kartika Kodim, Senin (2/12/18).

Kegiatan tersebut sebagai upaya BNN dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran Narkoba. Selain itu kegiatan ini juga serta bentuk komitmen dan peran serta anggota TNI dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Dengan penyuluhan tersebut diharapkan Babinsa sebagai aparat pembina desa, bisa mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba sekaligus ancamannya terhadap negara.

Dijelaskan Drs Triatmo, Bangsa Indonesia saat ini memasuki keadaan darurat bahaya Narkoba. Narkoba yang diselundupkan ke Indonesia bukan hanya dalam hitungan kilogram saja melainkan sudah hitungan ton sehingga berbagai upaya pemberantasan dan pencegahannya pun harus ekstra. Bahkan dalam peredarannya, berbagai jenis narkoba terutama obat-obatan sudah masuk ke pedesaan.

" Saat ini tidak ada Babinsa atau Kepala Desa yang berani menyatakan jika desanya bersih dari narkoba. Semua sudah merambah ke desa dari berbagai jenis. Untuk itu, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Cilacap menggandeng Babinsa Kodim 0703 Cilacap dan Bhabinkabtibmas Polres Cilacap sebagai ujung tombaknya di desa untuk turut serta dalam pencegahan dan penggunaan narkoba di desa,” kata Kepala BNNK Cilacap AKBP Drs Triatmo Hamardiono

Dia mengatakan jika Babinsa dan Bhabinkamtibmas menjadi ujung tombak di desa karena mereka paham betul situasi di desa, sehingga diharapkan bisa menjadi motor penggerak pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN). Karena itu, melalui penyuluhan ini, para Babinsa dibekali early warning system peredaran gelap narkoba, peta kerawanan di daerahnya, mengenali jenis narkoba dan bahayanya serta mengenali perilaku para pemakainya.

Tidak hanya dibekali penyuluhan, sebagai komitmen TNI terhadap memerangi bahaya Narkoba, seusai penyuluhan seluruh prajurit TNI Kodim 0703/Cilacap mengikuti cek urine. Kegiatan ini juga dalam rangka menyukseskan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan Kodim 0703/Cilacap.

" Kita berharap tidak ada anggota yang positif menggunakan narkoba, sebab anggota TNI adalah garda terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI serta melindungi segenap bangsa Indonesia dan terutama salah satunya yaitu dari bahaya Narkoba," harap Pasi Intel Kapten Inf Kadisan. (Sty/Urip)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال