Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Prajurit Wijayakusuma Tanam Ratusan Batang Pohon

Banyumas, IMC - Prajurit Wijayakusuma baik dari Makorem 071/Wk maupun Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk pada Senin (22/5) di Desa Pajerukan Kec.Kalibagor Kab.Banyumas melakukan tanam pohon.
Ratusan batang pohon yang ditanam di lahan TNI AD tersebut terdiri dari tanaman keras yakni pohon jati dan pohon albasia masing-masing 500 batang pohon.
Danrem 071/Wk Kolonel Inf. Suhardi melalui Pasi Bakti TNI Siterrem 071/Wk Mayor Arm Agus Haryono mengatakan tanam pohon yang dilaksanakan ini merupakan program komando atas yang dilakukan selama setahun.
Disamping itu dikatannya bahwa tanam pohon ini sebagai salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan guna menangani krisis lingkungan, kegiatan tanam pohon ini untuk mengurangi dampak pemanasan global , meningkatkan absorbsi gas co2, mencegah polusi, mencegah banjir dan tanah longsor serta meningkatkan upaya konservasi sumber daya genetic tanaman hutan akibat dampak dari kekeringan maupun kebakaran.
"Kegiatan ini untuk menjadikan lahan tandus ataupun lahan tidur menjadi lahan yang hijau dan produktif, sehingga akan mampu memberikan fungsi perlindungan, estetika dan peresapan air hujan," terangnya.
Melalui kegiatan tanam pohon untuk penghijauan ini, lanjutnya. Diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat kita serta masyarakat guna menumbuhkan kembali kepedulian terhadap kelestarian hidup serta turut memiliki dan bertanggung jawab dalam menjaga dan memeliharanya.
"Penghijauan tidak hanya dilakukan di lahan luas dan terbuka, namun dapat dilakukan disekitar lingkungan kita. Penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan," ungkapnya.
"Dengan penghijauan ini, diharapkan pula dapat mengembalikan keasrian dan kelestarian alam yang berdampak bagi tingkat kesehatan masyarakat serta perekonomian akan meningkat, karena tanaman yang ditanam memiliki nilai ekonomi yang tinggi seperti jati dan albasia," lanjutnya.
"Sebagai prajurit Wijayakusuma harus dapat memberikan contoh dan teladan bagi masyarakat sekelilingnya, begitu pula dengan tanam pohon penghijauan ini. Dengan kita tanam ini, agar masyarakat sekelilingnya dapat meniru dan mencontoh apa yang dilakukan TNI dalam rangka pelestarian lingkungan hidup dan sebagai upaya memberikan manfaat besar bagi kehidupan lingkungan sekitar dan membantu program penghijauan nasional," pungkasnya. (Teguh)

Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: