Toba Pulp Lestari Berikan Dukungan Alat Berat Untuk Aliran Sungai

 







Toba, IMC - Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan, Toba Pulp Lestari (TPL) kembali memberikan dukungan berupa Normalisasi Aliran Sungai dengan menggunakan alat berat di beberapa desa Kabupaten Toba.


Sebanyak 4 Desa menerima dukungan Normalisasi Aliran Sungai ini dengan rincian sebagai berikut : 


Desa Pardomuan Sianipar, Kecamatan Silaen - sepanjang 2 Kilometer

Desa Sintong Marnipi, Kecamatan Laguboti sepanjang - 800 Meter (Kecamatan Laguboti)

Desa Lumban Sitorus, Kecamatan Parmaksian - sepanjang 250 Meter

Desa Lumban Huala, Kecamatan Parmaksian - sepanjang 300 Meter


Dukungan ini diserahkan langsung oleh Alexander Sitorus dan Maria Pasaribu, Community Development (CD) Officer TPL dan diterima perwakilan desa masing-masing, Baktiar Hutapea (Kepala Desa Sintong Marnipi), Timbang Sianipar (Kepala Desa Pardomuan Sianipar), Jisman Sitorus (Kepala Desa Lumban Sitorus) dan Tagor Manurung (Kepala Desa Lumban Huala).


Adapun penyebab rusaknya aliran sungai yang terjadi di desa-desa tersebut mayoritas di akibatkan tingginya curah hujan sehingga terjadi banjir, pendangkalan sungai, rusaknya dinding drainase sungai dan pengairan ke persawahan masyarakat terkendala.


Mewakili management TPL, Alexander (Senin, 03/04/2023) menyampaikan bahwa dukungan ini dilakukan untuk peningkatan dan pengendalian kondisi sungai yang rusak untuk mengembalikan fungsinya seperti semula. Ia meyakini dengan dilakukannya normalisasi sungai, akan meminimalisir kemungkinan besar banjir yang kerap terjadi disaat musim penghujan tiba.


“TPL membantu normalisasi aliran sungai di 4 Desa ini tujuannya agar memperbaiki aliran sungai dan dinding sungai sehingga tidak meluap lagi jika hujan deras turun kembali sehingga masyarakat dapat kembali beraktifitas dengan normal. Semoga dukungan perusahaan ini bermanfaat kepada masyarakat desa,” ungkapnya. (Senin, 03/04/2023)


“Pelaksanaan normalisasi Bondar Pangan Lobu, Lumban Tonga-tonga, Dusun I, Desa Lumban Huala ini dikarenakan ada keluhan dari masyarakat akibat banjir saat musim hujan dan mengganggu persawahan. Kemudian kami sebagai pemerintah setempat mengusulkan permohonan dukungan kepada perusahaan agar dapat membantu dalam menangani dampak banjir dari deras air saat musim hujan.”


“Kami Pemerintah Desa Lumban Huala dalam hal ini mewakili masyarakat desa, mengucapkan terima kasih kepada TPL atas dukungan normalisasi ini. Dukungan ini menjadi bukti nyata kepedulian perusahaan terhadap masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasionalnya,” tutup Tagor.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال