Puluhan Babinsa Brebes Kembali Dibekali Ilmu Jurnalistik


Brebes | Jateng, IMC – Puluhan babinsa di jajaran Kodim 0713 Brebes kembali dibekali ilmu jurnalistik modern guna meningkatkan kualitas pelaporan informasi serta pengambilan dokumentasi foto maupun video.

Disampaikan Dandim Letkol Infanteri Tentrem Basuki, bahwa informasi ke publik dengan mengoptimalkan teknologi yang bertujuan membangun citra positif suatu organisasi termasuk militer, sekarang sudah menjadi aspek penting karena tak semua organisasi memiliki sumber daya manusia di bidang komunikasi, jurnalistik, wawasan, serta penguasaan teknologi digital.

“Kemajuan teknologi digital dan perkembangan media sosial harus dimanfaatkan untuk memperkuat sinergitas antara TNI dengan rakyat maupun dengan segenap unsur lainnya,” ujarnya.

Sambungnya, pemberitaan terkait segala kegiatan Kodim, baik itu operasi militer selain perang yakni penanganan bencana alam, ketahanan pangan, kesehatan, dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya, bukan hanya untuk pencitraan saja, namun bisa memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat.

“NKRI itu kuat karena TNI bersama rakyat dalam melakukan kegiatan apapun, dan ini harus diketahui publik bahwa rakyat Indonesia juga merupakan bagian dari pertahanan negara,” tegasnya.

Untuk itulah ia berharap agar para babinsa kedepan bisa menyajikan informasi layak publik yang minimal mendekati kaidah jurnalistik.

Sementara disampaikan M. Fatkhurohman Pimred Koran Radar Tegal selaku salah satu narasumber, bahwa para babinsa mempunyai peran yang sangat strategis dalam menyajikan laporan kejadian di wilayah, termasuk berbagai kegiatan TNI di berbagai bidang.

Jika para babinsa menyajikan laporan sudah mencakup 5W dan 1 H, tentunya laporan itu akan menjadi bahan berita yang sayang jika dilewatkan oleh media.

“Kita mencoba menularkan kepada para babinsa untuk minimal bisa menulis straight news, yaitu laporan kejadian cepat yang berisi pokok-pokok berita yang bersifat informatif dan juga singkat namun menjawab unsur 5W+1H,” bebernya.

Kemudian pengambilan gambar/foto dan video yang sesuai kaidah, sehingga dengan segenap kaidah tersebut maka diharapkannya para babinsa Kodim Brebes kedepan lebih mampu untuk mewarnai produk-produk jurnalistik di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Brebes khususnya.

Sedangkan M. Sekhun SHI.MM, selaku Ketua PWI Kota Tegal yang juga menjadi narasumber, menambahkan terkait bagaimana menulis judul dan isi berita agar menarik para pembaca.

Menurutnya, orang akan mau membaca tulisan jika apa yang disajikan bersifat menarik dan itu penting. (Aan/Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال