$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

Hujan dan Angin Kencang di Desa Bingkeng Dayeuhluhur, Akibatkan Tanah Longsor dan Sejumlah Rumah Tertimpa Pohon

SHARE:

  Cilacap, Jateng | IMC - Intensitas curah hujan yang tinggi di sertai angin kencang yang terjadi pada hari Senin, (21/02/2022) sekitar puk...


 

Cilacap, Jateng | IMC - Intensitas curah hujan yang tinggi di sertai angin kencang yang terjadi pada hari Senin, (21/02/2022) sekitar pukul 18.00 WIB telah  mengakibatkan terjadinya tanah longsor yang menutup jalan dan menumbangkan beberapa pohon.

Kejadian ini dampaknya merusak pemukiman warga seperti menimpa atap masjid, rumah warga serta menimpa kabel listrik yang berada di Dusun Aria tepatnya di wilayah RT. 01 dan RT.02, RW 04 Desa Bingkeng, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap.

Terkait adanya kejadian tersebut, Babinsa Koramil 17 Dayeuhluhur Serda Sutarno bersama Forkopimcam didampingi Kepala Desa Bingkeng beserta perangkatnya bersama sama menuju ke lokasi kejadian guna melakukan pendataan rumah bagi warga yang terdampak bencana.

Langkah awal yang dilakukan pasca terjadinya bencana yang merusak pemukiman penduduk maka Babinsa bersama unsur terkait melakukan kerja bakti bersama warga untuk membersihkan tanah akibat longsoran yang menutup akses jalan yang menghubungkan desa Bingkeng ke Desa Bolang.

Dari lokasi, Babinsa Serda Sutarno mengatakan langkah pertama adalah menormalisasi jalan yang terdampak longsor karena ini penting untuk mendukung akses bagi warga yang melintas.

"Setelah itu mengevakuasi beberapa rumah yang terkena pohon, sedikitnya ada 5 rumah warga yang tertimpa pohon, atas musibah ini beruntung tidak ada korban jiwa, namun kerugian di taksir masing-masing kurang lebih  3 jutaan," katanya.

Lebih lanjut, "Rumah yang tertimpa pohon salah satunya milik Tarko umur 38 tahun yang dihuni 4 orang alamatnya di dusun Aria, RT 01 RW 04, dan kita sudah membantu untuk evakuasi keluarga bersangkutan ," imbuhnya.

Sementara itu pihak Pemdes Bingkeng melalui Kepala Desa Bingkeng Wartono menghimbau untuk sementara waktu warga yang terdampak agar mengungsi ke tempat saudara atau tetangga terdekat di karenakan aliran listrik dalam perbaikan dari pihak PLN.

"Untuk kerja bakti akan di lanjutkan esok hari mengingat kurangnya penerangan dan kondisi cuaca yang tidak memungkinkan, yang di butuhkan warga saat ini logistik permakanan," ucapnya.

Guna meringankan beban warga yang terdampak, Kepala Desa Bingkeng bersama Babinsa Perangkat desa memberikan bantuan sembako berupa beras, minyak dan telur kepada warganya untuk  meringankan beban mereka.(Sty) 


(Pendim/Clp)

COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0