Talang Sakti Satgas TMMD Mampu Mempercepat Proses Pembangunan Jalan


Semarang | Jateng, IMC – Salah satu sasaran fisik TMMD Reguler 108 Banyumas, di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, adalah membangun jalan beton sepanjang hampir 2 KM dengan lebar 3,75 meter. Anggota Satgas bersama masyarakat telah berupaya dengan berbagai cara dan strategi agar dengan waktu yang hanya sebulan semua pekerjaan tuntas dan sukses.

Dari hasil pantauan, selain dengan melakukan kerja lembur, untuk mempercepat proses pengecoran, Satgas TMMD Kodim 0701/Banyumas menggunakan "Talang Sakti". Upaya ini terbukti mampu mempercepat proses langsiran materiil cor sehingga pengerjaan jalan dapat bertambah 5 meter lebih panjang dari biasanya yang hanya 17 meter dalam semalam.

Dari keterangan yang disampaikan Danramil 15 Pekuncen Kapten Inf Subandi, mereka setiap hari melakukan lembur hingga jam 24.00 (12 malam). Sebelum menggunakan talang sakti mereka hanya mampu mengecor 15-17 meter dalam satu malam. Dengan menggunakan talang sakti, setiap malamnya mampu mengecor jalan hingga 22 meter, artinya bertambah 5 lebih panjang .

 "Talang sakti yang mereka buat benar-benar sakti, karena mampu mempercepat pengecoran jalan. Dengan talang sakti ini pula para pekerja akan lebih aman dan hemat tenaga karena tidak harus mondar-mandir melangsir adukan cor", tegas Kapendam IV/Diponegoro Letkol Kav Susanto S.I.P., M.A.P. dalam rilisnya, Rabu (15/07/2020).

Susanto meyakini dengan adanya talang sakti tersebut, pengecoran jalan dapat berjalan lebih cepat dan selesai tepat waktu. Dirinya juga berharap upaya ini dapat diterapkan di daerah lain yang sedang mengerjakan pekerjaan yang sama.

Sumber: Pendam IV/Dip //Sty

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال