Pemadam Kebakaran Berikan Sosialisasi Di Lokasi TMMD Brebes

SHARE:

Brebes | Jateng, IMC - Melalui kegiatan sasaran nonfisik TMMD Sengkuyung II TA. 2020 oleh Kodim 0713 Brebes, Petugas Dinas Pemadam Kebakaran...

Brebes | Jateng, IMC - Melalui kegiatan sasaran nonfisik TMMD Sengkuyung II TA. 2020 oleh Kodim 0713 Brebes, Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Brebes memberikan pelatihan terhadap warga tentang penanganan cara kebakaran tabung gas, menangani sarang tawon, hewan liar seperti ular berbisa, melapas cincin dijari dimana diberikan secara teori dan praktek dihadapan para peserta di Balai Desa Pengaradan dimana sebagai lokasi TMMD. Senin (06/07/2020).
Pelatihan dari Pemadam Kebakaran tersebut diharapkan memberi pemahaman jika terjadi kebakaran di lingkungan sekitar.
"Untuk itu kita semua harus selalu peka dan teliti terhadap lingkungan disekitar kita, terutama tempat tinggal akan bahaya kebakaran, binatang liar dan lain sebagainya," Kata Kuswanto (Komandan Unit Damkar).

Didalam prakteknya, ia mengingatkan agar tidak sembarang melakukan tindakan yang dapat menyebabkan kebakaran, contoh kecilnya membuang puntung rokok sembarangan, membakar sampah tanpa memperhatikan kondisi disekelilingnya Karena saat terjadi kebakaran hanya ada tiga unsur segitiga api, yakni oksigen, panas dan media, terang Kuswanto.

Selanjutnya untuk memberikan pemahaman lebih lanjut, Kuswanto bersama  anggota Babinsa Serda Suharnoko mendemonstrasikan, bagaimana cara pencegahan dan awal penanganan kebakaran yang mengunakan alat pemadam ringan.

Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Infanteri Faisal Amri, SE melalui Pasiter Kapten Arhanud Nediono menyampaikan bahwa sosialisasi tersebut memberikan pengetahuan yakni agar masyarakat mengetahui penganan pertama akan bahaya kebakaran serta penyelamatan diri dan barang.

“Untuk itu pencegahan awal dalam menyiapkan alat pemadam ringan seperti tong berisi air, karung goni dan handuk, lebih dini sudah tersedia dengan baik. Sehingga jika terjadi sesautu dapat tertangani dengan baik,” kata Kapten Nediono.

Dari peserta yang hadir mengikuti sosialisasi tersebut adalah para ketua RT, ketua RW, Pamong Desa dan perwakilan dari masyarakat mengikuti sosialisasi dan demonstrasi pemadaman tersebut, sangat mengapresisai kegiatan nonfisik TMMD.

“Kegiatan ini dapat menambah wawasan dalam pencegahan dan penanganan kebakaran, Semoga kita semua dapat mengaplikasikan baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya,” kata Tolib Ketua RT 01 RW 04 saat selesai mengikuti sosialisasi.
Kepala Desa Runta R. merasa bangga dengan hadirnya Damkar melakukan sosialisasi tersebut di lokasi TMMD Sengkuyung II TA. 2020 Kodim 0713 Brebes di Desa Pengaradan, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. (Utsm)

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2