Inilah Alasan Pentingnya Fasilitas Kesehatan PKD Di Kalijurang Brebes

Brebes | Jateng, IMC – Sarana Kesehatan merupakan salah satu tolak ukur dari kesejahteraan masyarakat. Keberadaan PKD (Poliklinik Kesehatan Desa) menjadi kebutuhan pokok masyarakat di desa untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan cepat, mudah dan terjangkau.

Di wilayah Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, salah satu desanya yaitu Kalijurang telah memulai upaya mandiri dalam aspek kesehatan dengan mulai membangun gedung tersebut. Secara simbolis, peletakan batu pertama dilakukan oleh Muspika setempat (9/1), diawali oleh Kepala Desa Kalijurang, H. Edi Riyanto.


Namun sebelumnya dilakukan kegiatan jalan sehat untuk warga setempat, dengan doorprize menarik.

Disampaikan Danramil 09 Tonjong Kodim 0713 Brebes melalui Bati Tuud, Peltu Edy Burhanudin, bahwa lokasi pembangunan berada di sebelah selatan lapangan desa, yaitu Lapangan Pejaten. Letaknya sangat strategis karena di pinggir jalan utama desa.

“Ini jelas akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Disamping itu juga memudahkan penanganan medis jika di dekat wilayah Kalijurang terjadi bencana alam,” ucapnya, Jumat pagi (10/1/2020).

Sehari sebelumnya dikatakan Kades bahwa pembangunan gedung bersumber dari Dana Desa (DD) sebesar Rp. 291,7 juta yang dilaksanakan secara swakelola.

"Nantinya dengan adanya gedung PKD ini, permasalahan kesehatan di desa dapat terdeteksi secara dini, sehingga bisa ditangani dengan cepat sesuai kondisi, potensi dan kemampuan yang ada," katanya.

Pelayanan kesehatan di gedung ini nantinya meliputi pelayanan kesehatan dasar, kefarmasian sederhana, penyuluhan dan konseling, penanganan kegawatdaruratan, penanganan penyakit, rujukan, serta pembinaan kader.

Adanya fasilitas ini diharapkannya dapat mendukung program Pemkab dalam upayanya meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) khususnya di bidang kesehatan.

Selain dari pihak Koramil, acara juga dihadiri Camat Tonjong Cecep Suganda, Kapolsek Tonjong yang diwakili Aipda M. Amin, para tokoh masyarakat, dengan disaksikan ratusan orang. (ig/Aan/Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال