Kurang Dari 2 Pekan Jabat Kabag Hukum dan HAM,Pemkot Bogor Raih Juara 2 Lomba Keluarga Sadar Hukum Tingkat Provinsi Jawa Barat

Alma Wiranta saat di lantik sebagai Kabag Hukum dan HAM Pemkot Bogor,beberapa waktu yang lalu
Bogor,IMC-Untuk menyuarakan melek hukum ke Tingkat Nasional pada awal tahun 2020. Kontingen Kota Bogor  berhasil menjadi juara 2 Lomba Keluarga Sadar Hukum yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 
 Kegiatan lomba dilaksanakan di Ballroom Hotel The Jayakarta Bandung Suite sejak penyisihan tanggal 26 dan final tanggal 27 September 2019. Pada final, Kota Bogor bersaing ketat dengan Kota Sukabumi yang juara 1 dan Kota Bandung yang meraih peringkat ketiga. 
 Keberhasilan ini adalah hasil yang positif dan kebanggaan tersendiri bagi Kota Bogor setelah berhasil menjadi juara 2. Karena pada kesempatan tersebut yang masuk Nominasi untuk berlomba dari 12 Kota/Kabupaten diantaranya Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kota Bandung, Kota Depok, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Garut. 
 Sebelumnya Pemerintah Kota Bogor telah menunjuk Alma Wiranta,SH.MSi ( Han ) untuk memperkuat bidang Hukum dan Ham  di kota hujan tersebut, sebagaimana diketahui,pelantikan Kabag Hukum dan HAM Pemkot Bogoor berlangsung di Ruang Sri Bima Balai Kota Pemkot Bogor,Selasa ( 17/9/19 ) lalu.
 "Berdasarkan SK Walikota saya ditunjuk sebagai Ketua, Kasubag Bantuan Hukum dan HAM  sebagai pelaksana sekaligus pendamping bersama Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Bogor, karena dilihat dari materi yang dilombakan cukup berat yaitu pengetahuan Undang-Undang tentang Narkotika, Peradilan Anak, Perdagangan Orang, ITE, Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Terorisme dan Hak Asasi Manusia,” ungkap Alma.
 Lanjut Alma “ Tetapi alhamdulillah adik-adik peserta dari SMAN 1 Kota Bogor yaitu Helmi Ihsan, Maleakhi Franklin Bulo, Ahmad Zaky, Azka Rasyad Alfaidi dan Melinda Yunita dapat membuat kebanggaan, karena itu saya melaporkan kepada Pemerintah Kota Bogor melalui Asisten Pemerintahan untuk meminta petunjuk dan arahan, " ujar Alma Wiranta Kabag Hukum dan HAM Setda Kota Bogor.
 Alma menjelaskan kesadaran Hukum tidak bisa dibuat-buat, karena warga yang merasakan secara realita yang terjadi dimasyarakat, dan untuk meningkatkan kesadaran hukum melalui pembinaan kadarkum bukan hanya melalui lomba tetapi menjaring pengetahuan warga dan nantinya yang lebih penting untuk memasyarakatkan tujuan hukum yaitu kemanfaatan, kepastian dan keadilan ditengah pembangunan saat ini. Visi  Kota Bogor 2019-2024 sebagai kota yang ramah keluarga, perlu didukung dengan peningkatan kesadaran hukum.
 “Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Jawa Barat,sebagai Juara 1 Kota Sukabumi dan juara 2 Kota Bogor,” ungkap Alma yang  sebelumnya bertugas di bidang Pidana Umum pada Kejaksaan Agung.
 Menurutnya beberapa jumlah wilayah meminta Jaksa lebih proaktif dan progresif dalam pembinaan Kesadaran Hukum Masyarakat. ( Muzer )

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال