Linmas di Cimanggu Dilatih Babinsa


Cilacap | Jateng, IMC - Sebagai upaya peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas), Babinsa Panimbang Serka Dasiman dan Serda Carnoyo dari Koramil 14/ Cimanggu jajaran Kodim 0703/Cilacap melakukan pelatihan Linmas dalam rangka pemberdayaan kegiatan pelatihan Linmas yang berlangsung di lapangan Desa Panimbang, Kecamatan Cimanggu.

Pelatihan dan pemberdayaan Linmas ini dimulai pukul 07.30 waktu setempat yang diikuti oleh 20 orang anggota Linmas. Kegiatan pelatihan ini juga di pantau langsung oleh Danramil 14/Cimanggu Kapten CPM Agus Santoso bersama unsur  Forkopimcam Kecamatan Cimanggu.

"Linmas merupakan satuan perlindungan masyarakat desa yang mempunyai tugas mendukung penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Pileg, Pilpres yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 ini." Kata Danramil Cimanggu Kapten CPM Agus Santoso, Selasa (08/01/2018).

Lebih lanjut kata Danramil, Linmas juga bertugas melaksanakan perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan penanganan pengungsi, membantu aparat pemerintah dalam pemeliharaan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa." imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Babinsa juga memberikan latihan dasar PBB untuk melatih fisik dan sikap para peserta pelatihan agar tetap sehat dan mempunyai disiplin yang baik sehingga bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam kehidupan sehari hari.

Linmas juga mempunyai beberapa fungsi yakni,  membantu memelihara dan meningkatkan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa.

"Peran Linmas dalam Pilkada, Pileg dan Pilpres memang sangat diperlukan dalam membantu pihak keamanan dalam menciptakan situasi wilayah yang aman dan kondusif." tegasnya.

(Sutaryo)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال