Dandim 0703/Cilacap Sebut TMMD Desa Wringinharjo Resmi Ditutup




Cilacap | Jateng, IMC - Kegiatan TNI Manunggal Membangun1 Desa (TMMD) Sengkuyung III Tahun Anggaran 2018 yang dipusatkan di Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu, resmi ditutup, Selasa (13/11).

Penutupan dilaksanakan oleh Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto. Upacara penutupan TMMD tersebut ditandai dengan penyerahan alat peralatan kerja, penandatanganan berita acara penyerahan hasil-hasil TMMD dari Dandim 0703/Cilacap kepada Bupati Cilacap serta peresmian hasil kegiatan TMMD.

Menurut Dandim, berbagai kegiatan TMMD antara lain kegiatan fisik yang masuk dalam sasaran pokok berupa pekerjaan pengerasan jalan sepanjang 900.m X 3 meter, pembangunan 2 unit jembatan, 3 unit sarana MCK,  1 unit gorong-gorong serta rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 14 unit telah dirampungkan dalam waktu satu bulan berkat kerjasama dan kegotongroyongan semua  pihak.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dalam sambutan yang dibacakan oleh Dandim 0703/Cilacap mengatakan, kegiatan TMMD yang telah dibuka pada 15 Oktober 2018 yang lalu, para Prajurit TNI, anggota Kepolisian, Aparat Pemda serta segenap komponen masyarakattelah bekerja jeras guna mencapai sasaran pembangunan di 50 desa sasaran di 50 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Disetiap kegiatan TMMD, kita daoat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong. Hal ini menjadi reflejsi jekuatan yang sangat besar dari segenap komponen Bangsa yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat.

Semangat kebersamaan inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang merupakan rohperjuangan Bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara. Kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendoring kemajuan Bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh.

Selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD, KASAD mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada para Gubernur, Bupati, Walikota, Instansi Kementrian terkait dan khususnya kepada seluruh masyarakat yang telah bahu membahu bersama prajurit TNI mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD ke-103 ini.

Menurut KASAD, tema kali ini yaitu TNI Manunggal Rakyat dalam memajukan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis, sejalan dengan visi Pemerintah Pusat melalui kebijakan "Membangun Indonesia dari pinggiran". Kebijakan ini memberikan kesempatan untuk membantu daerah-faerah yang belum tersentuh pembangunan secra merata sekaligus sebagai momentum  untuk menggelorakan kembali semangat gotong-royong serta memantapkan apa yang KASAD sebagai Imunitas Bangsa.

Selain pembangunan fisik dan non fisik, pelaksanaan TMMD juga memmbawa misi khusus yaitu untuk menyatukan perbedaan dalam masyarakat guna mencegah potensi perpecahan dam berkembangnya intoleransi,  serta menumbuhkan kedekatan antara rakyat dnganprajurit TNI. TMMD kali inni juga telah mewujdkan sinerrgi dan kerjasama antar 8 Lembaga Pemerintah setingkat Kementerian yaitu Kementerian Agama, Perindustrian, Kesehatan, Pertahanan Kepoliian RI, Lingkungan Hidup dan Kehutanan,Kementerian Dalam Negeri.

KASAD berpesan kepada Satgas TMMD dan masyarakat untuk  mempertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan Rakyat, meningkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama, memelihara hasil-hasil program TMMD untuk kemaslahatan seluruh warga masyarakat, meneruskan pembangunan, mengembangkan potensi desa masing masing serta menjadikan diri sebagai agen-agen pembangunan yang menyebarkan energi positif bagi lingkungan sekitar untuk mau belajar serta memajukan desa dan wilayahnya. (S-red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال