KPK, Kejaksaan dan Polisi Diminta Usut Kasus-kasus Korupsi di Era Pemerintahan SBY

Jakarta – Pihak Partai Demokrat‎ ‎Merasa diperlakukan tak adil dan sewenang-wenang oleh sejumlah aparat penegak hukum terutama terhadap sejumlah kadernya yang diusung pada Pilkada 2017 lalu. 

Sebaliknya, sejumlah dan beberapa kalangan malah mendesak kepolisian, kejaksaan, dan KPK mengusut tuntas kasus-kasus korupsi selama 10 tahun pemerintahan Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang saat ini menjabat Ketua Umum Partai Demokrat.

Adapun kasus tersebut antara lain, kasus Wisma Atlet Hambalang, Bogor, Proyek Alkes, Bank Century, yang sampai saat ini terbengkalai, dan kasus korupsi besar lainnya seperti yang pernah disampaikan mantan Bendahara Partai Demokrat M Nazarudin beberapa waktu lalu di depan publik.

Beberapa Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI), Boni Hargens, mendorong agar kasus korupsi-korupsi besar yang terjadi saat 10 tahun pemerintahan SBY dapat dituntaskan dan terselesaikan.

“Banyak kasus yang tersendan ataupun mangkrak di Kejaksaan Agung dan di KPK mulai dari yang besar seperti kasus Bank Century sampai pada dugaan keterlibatan para menteri dan orang dekat presiden semasa itu, dan saya kira tradisi ini memang tradisi yang sudah berlangsung dari zaman Orde Baru,” kata Boni di Jakarta, Kamis (4/1/18).‎

Ia pun menegaskan, kasus Bank Century dan kasus-kasus korupsi besar lainnya yang terjadi selama 10 tahun pemerintahan SBY segera diusut tuntas sampai selesai.

“Nazaruddin yang masih hidup harus segera dijadikan aset untuk membuka keterlibatan dari banyak aktor-aktor lain di dalam korupsi-korupsi besar sepanjang 10 tahun yang lalu dan juga kasus-kasus dugaan suap korupsi yang melibatkan orang-orang dalam istana pada zaman pemerintahan SBY ketika itu,” kata dia.‎ (ht-in/red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال