Karya Bakti Jamabanisasi di Wilayah Kodim 0805/Ngawi Kembali Dilaksanakan, Bangun Indonesia yang Lebih Sadar Akan Kebersihan



Ngawi, (pewarta) - Selasa (2/5) Kodim 0805 Ngawi melaksanakan penyelenggaraan Program Karya Bakti TNI Jambanisasi Semester I TA. 2017 diwilayah Kabupaten Ngawi. Secara simbolis kegiatan ini diawali di Rumah Jianto umur 52 Tahun Dsn. Pilang RT 01 RW 02 Ds. Ngompro Kec. Pangkur oleh Dandim 0805/Ngawi Letkol Inf Mordechai Triyandono, S.I.P, didampingi Pasiterdim 0805 Kapten Inf Suryo Margono dan Forpimka Pangkur serta Komponen masyarakat setempat.  

Program Karya Bakti TNI yang dilaksanakan oleh Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) jajaran Kodim 0805/Ngawi sejumlah 415 unit yang tersebar di 19 Kecamatan Kab. Ngawi, kegiatan ini merupakan lanjutan dari program tahun anggaran 2016. Program Karya Bakti TNI Satkowil adalah salah satu bagian dari program Bakti TNI dilaksanakan oleh Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) jajaran Kodim 0805/Ngawi. Dengan tetap memperhatikan kemampuan satuan dan kondisi masyarakat serta pemilihan obyek kegiatan yang dirasakan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, prioritas kegiatan adalah mewujudkan sanitasi yang baik di lingkungan masyarakat melalui program jambanisasi. 

Adapun tujuannya yaitu membantu Pemerintah Daerah kabupaten Ngawi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan sarana/prasarana dan fasilitas umum terutama pembuatan jamban keluarga miskin untuk meningkatkan derajat kesehatan serta kesejahteraan masyarakat. 

Kegiatan fisik berupa pembuatan jamban bagi keluarga miskin yang belum memilikinya dilaksanakan secara gotong royong dan bekerjasama dengan seluruh komponen masyarakat. Sedangkan kegiatan non fisik berupa kegiatan ceramah wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat, bersih, rapi, aman serta nyaman, penyuluhan tentang cara pembuatan jamaban keluarga, penyakit menular, kesehatan lingkungan. 

Kegiatan program Karya Bhakti yang dilaksanakan Kodim 0805/Ngawi mendapat respon yang positif dari pemerintah daerah dan masyarakat. Kegiatan tersebut telah mampu meningkatkan semangat gotong royong yag mulai memudar ditengah masyarakat serta terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang sejak dini untuk kepentingan pertahanan.(Dim 0805/Ngw/DK)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال