Korem 081 / DSJ Gelar Rapat Pembinaan Ketahanan Pangan

Madiun, (pewarta) -  Ketahanan pangan adalah satu program pemerintah yang saat ini sedang menjadi prioritas utama, Rabu, 17/ 5 / 2017 Kol Inf Piek Budyakto bertempat di Aula Makorem 081 / Dsj bersama para Staf Korem, Kasdim, Pasiter , Danramil dan para Babinsa jajaran melaksanakan Rapat Pembinaan Ketahanan Pangan.
 
Dalam sambutannya Danrem menyampaikan,  Perlu diketahui bersama bahwa Pangan merupakan Komoditas yang sangat penting dan strategis bagi Negara kita terutama untuk pertahanan Negara, mengingat pangan merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi seluruh manusia yang harus dipenuhi baik oleh Pemerintah maupun masyarkarat. Berbagai upaya telah diprogramkan dan dilakukan oleh Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta berbagai pihak pelaku pertanian, namun akibat dampak perubahan iklim atau pemanasan Global yang mengakibatkan sering terjadinya Bencana Alam serta keterbatasan akan lahan pertanian yang semakin sempit dikarenakan alih lahan pertanian menjadi Perumahan maupun tempat Industri, selain itu juga dikarenakan semakin padatnya jumlah penduduk yang mengakibatkan krisis pangan dimana pertumbuhan penduduk tidak sebanding dengan kebutuhan pangan yang dihasilkan,   (sesuai pendapat Malthus) bahwa pertumbuhan penduduk jauh lebih cepat dari bahan makanan. Akibatnya pada suatu saat akan terjadi perbedaan yang besar antara penduduk dan kebutuhan hidup, dimana sesuai dengan dalil yang dikemukakan oleh Malthus bahwa jumlah penduduk cenderung untuk meningkat secara geometris (deret ukur), sedangkan kebutuhan hidup riil dapat meningkat secara arismatik (deret hitung), sehingga menyebabkan terganggunya Produktifitas pangan Nasional dan mendorong pemerintah melaksanakan perubahan paradigma kebijakan pembangunan Nasional di bidang pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan.
 
Sebagai nara sumber Bapak Sumanto SP.MMA Kabid Tanaman Holtikultura Dinas Pertanian Dan Perikanan Kab Madiun menyimpulkan bahwa, pengembangan usaha hortikultura berfungsi ekonomi, ekologi, dan sosial.
 
Fungsi ekonomi, yaitu meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat serta penguatan perekonomian nasional. Kemudian, fungsi ekologi, yaitu membantu kelestarian lingkungan hidup, meminimalkan pemanasan global, serta meningkatkan kualitas kehidupan. Selain itu, untuk fungsi sosial, meningkatkan interaksi masyarakat, memelihara kearifan lokal, mengembang kan budaya adiluhung, serta pemahaman dan penghayatan tentang manfaat hortikultura. Sekadar diketahui, komoditas hortikultura berpotensi ekonomis karena permintaan yang tinggi dan pertumbuhannya yang meningkat, ( Pen Rem 081/red).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال