Tingkatkan Kemampuan Fisik, Prajurit Wijayakusuma Tes Garjas

Purwokerto, IMC - Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kemampuan prajurit dibidang kesegaran jasmani, prajurit Wijayakusuma Makorem 071/Wk dan Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk melaksanakan tes kesegaran jasmani periodik, Kamis (6/7).
Gelar tes kesegaran jasmani bagi para prajurit dan PNS dilaksanakan di Stadion Susilo Sudarman Unsoed Purwokerto selama tiga hari dari Selasa (4/4) hingga Kamis (6/4).
Tes kesegaran jasmani tersebut meliputi kesegaran "A" lari jarak 3.200 meter dan tes kesegaran "B" pull up, sit up, dan push up durasi 1 menit serta shuttle run lari arah angka 8 berjarak 5 meter dengan durasi kecepatan waktu peserta.


Disamping itu, tes kesegaran jasmani juga dilaksanakan ketangkasan renang menempuh jarak 50 meter gaya dada. Para prajurit dan PNS yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani ini diwajibkan untuk mengecek kesehatan, untuk mengukur tensi dan denyut nadi oleh tim kesehatan dari Denkes 04.04.01 Purwokerto.
Selama kegiatan berlangsung, tim kesehatan juga memberikan dukungan baik medis maupun kendaraan ambulan untuk evakuasi dan antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, memberikan pertolongan pertama dan mempermudah jalannya evakuasi bila diperlukan.

Garjas bagi prajurit dan PNS TNI yang dilaksanakan dua kali dalam setahun ini merupakan kewajiban tang harus dilaksanakan dilingkungan TNI AD. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit yang sekaligus mengukur kemampuan kesemaptaan prajurit secara berkala.

Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi pada kesempatannya turun kelapangan melihat dan mengecek kegiatan tes kesegaran jasmani ini menyampaikan tes kesegaran jasmani ini merupakan program TNI AD yang harus dilaksanakan setiap prajurit TNI AD dan PNS TNI. Karenanya kepada seluruh prajurit dan PNS agar selalu memanfaatkan dan melaksanakan pembinaan fisik sebagai sarana mendukung tugas pokok satuan dan sebagai wahana evaluasi sejauh mana kemampuan fisik yang sudah dibina satuan bagi para prajurit dan PNS nya.
Selain itu, Danrem 071/Wk juga menekankan kepada seluruh prajurit dan PNS agar menjaga faktor keamanan selama kegiatan berlangsung dan melaksanakan kegiatan dengan maksimal sesuai kondisi fisik dan kemampuan masing-masing, hak ini agar memperoleh nilai yang baik dan yang diharapkan sesuai standarisasi tes kesegaran jasmani prajurit TNI AD. (teguh)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال