Danramil 09 Tonjong, Ajak Warga Galuhtimur Maksimal Keraskan Jalan Batu

Brebes | Jateng, IMCDesa Galuhtimur yang terletak di Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes, termasuk salah satu daerah pinggiran dengan akses jalan yang terbilang minim. Kondisi tersebut membuat warga desa kesulitan untuk menjual hasil panen kebunnya yang berupa melinjo, mangga dan jambu mete, ubi-ubian, kacang tanah, jagung dan lain-lain. Dari seluruh luas wilayahnya, hanya kurang dari sepertiganya berupa sawah yang mengandalkan tadah hujan, jadi biaya angkut panen warga cukup mahal. Mayoritas pencaharian penduduk adalah petani dan buruh perantau di Jakarta sebagai tukang batu, pekerja pabrik, sopir taksi/angkot maupun PRT. Sangat sedikit industri kerajinan rumahan, itulah sekilas tentang kondisi masyarakat Desa Galuhtimur.

Warga selama ini hanya bisa memilih satu dari dua alternatif jalan untuk melaksanakan aktivitas ekonominya, yaitu menembus hutan atau melewati jalan memutar dengan resiko jarak dan waktu tempuh yang tentunya lebih jauh dan memakan waktu dan biaya. Setelah bertahun-tahun, akhirnya impian warga desa diwujudkan TNI lewat karya bhaktinya dengan membuka akses jalan baru berupa jalan sepanjang 1.250 meter dengan lebar 4 meter, yang diperkeras dengan batu (makadam) selebar 3 meter, dilengkapi dengan talut sepanjang 30 meter.

Jalan tembus pertanian dan perkebunan warga yang sedang dikerjakan anggota TNI dari jajaran Kodim 0713 Brebes bersama warga setempat, nantinya akan memudahkan akses warga menuju sentra produksi pertanian maupun perkebunan guna memacu aktivitas ekonomi dan tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan warganya.

Pemerataan pembangunan oleh pemerintah yang diimplementasikan lewat TNI dalam karya bhakti TNI ini, sementara berhasil menyelesaikan talut sepanjang 30 meter dengan tinggi bervareasi antara 0,5-1 meter, sedangkan progres pengerasan Makadam dengan hasil sepanjang 710 meter. Selasa (8/5/18).

Personel yang terlibat.

Progres ini berhasil dicapai dengan melibatkan unsur TNI sebanyak 22 orang dari Koramil jajaran Kodim 0713 Brebes dibawah kendali Danramil 09 Tonjong, Kapten Inf. Suwardi, 10 orang tekhnisi bangunan dari Kodim Brebes serta bantuan warga setempat sebanyak 42 orang. Sedangkan alat berat yang ikut membantu membuka jalan adalah, 1 Unit Excavator dari Dinas PU Kabupaten Brebes bersama 1 orang operator bergantian dengan operator Kodim.
Karya bhakti TNI Kodim Brebes ini, melanjutkan prestasi TMMD Sengkuyung Tahap I yang sudah selesai 100 %. TMMD Sengkuyung I, juga berhasil membangun 1 Unit jembatan dengan panjang 4 meter lebar 4 meter, yang telah dirampungkan dalam waktu 30 hari dari TMMD sebelum ditutup 3 Mei 2018 kemarin melalui semangat gotong royong antar elemen masyarakat dengan Satgas TMMD Kodim 0713 Brebes.
Dikatakan Danramil 09 Tonjong Kodim 0713 Brebes, Kapten Inf. Suwardi, “Saya menghimbau kepada warga Desa Galuhtimur dan sekitarnya, walaupun sudah lebih kurang 2 bulan lamanya sejak dimulainya Pra TMMD dan berakhirnya TMMD Sengkuyung I 2018, partisipasi warga harus lebih ditingkatkan guna perampungan pembangunan jalan melalui karya bhakti TNI ini. Saya juga mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada seluruh warga Galuhtimur yang gigih bekerja demi terwujudnya impian akan akses penghubung baru pertanian dan perkebunan mereka. Semoga dengan partisipasi warga, termasuk Ibu-ibu dan Anak-anak yang ikut membantu TNI, progres jalan akan segera rampung dari 710 meter sampai akhir 1.250 meter” ajaknya.

“Karya bhakti TNI ini adalah perbantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam memeratakan pembanguan di desa-desa tertinggal, terpelosok dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warganya. Dengan infrastruktur jalan yang baik, diharapkan pemasaran hasil pertanian maupun perkebunan warga akan meningkat karena biaya angkut panen menjadi terpangkas” imbuhnya.

Sementara pekerjaan hari ini, masih melanjutkan pekerjaan menyusun batu gunung yang dilangsir secara estafet oleh warga bersama para Babinsa Kodim 0713 Brebes. (Aan-red).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال