Navigation

Curah Hujan Tinggi, Bencana Tanah Longsor dan Banjir Terjadi di Karangpucung





Cilacap, IMC - Danramil 15/Karangpucung, Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf. Yusuf Subagyo beserta anggota melaksanakan pengecekan lokasi bencana alam di beberapa desa di wilayah Kecamatan Karangpucung, Selasa (20/2).

Menurut Danramil 15/Karangpucung, Kapten Inf. Yusuf Subagyo mengatakan, akibat dari hujan deras yang terjadi pada Senin, 19/02/2018  sejak pukul 14.00 hingga 22.00 WIB mengakibatkan bencana alam di beberapa desa di wilayah Kecamatan Karangpucung.

Bencana alam terjadi di sejumlah titik diantaranya,
tanah longor terjadi di Dusun Karangbelimbing, Desa Bengbulang, Kecamatan Karangpucung, adanya tanah longsor mengakibatkan akses jalan di Dusun Karangbelimbing tertutup material, dan tanah lobgsor tersebut menimpa dua pengendara sepeda motor yang sedang melintas.

Pengendara sepeda motor berhasil menyelamatkan diri, namun sepeda motor tertimbun material longsor. Denga dibantu anggota TNI dan masyarakat, sepeda motor yang tertimbun material longsor dapat di evakuasi tadi pagi." Jelas Danramil.

Selain itu,  tanah longsor juga terjadi di Dusun Sindangbarang, RT. 01 RW. 07 Desa Sindangbarang, Kecamatan Karangpucung yang mengakibatkan beberapa rumah warga terkena material longsor dan mengalami kerusakan ringan.

Selanjutnya, tanah longsor di Dusun Cinangka, Rt. 16 RW. 04 Desa Babakan, Kecamatan Karangpucung mengakibatkan tembok SDN Babakan 04 jebol sepanjang 4 meter. Desa Tayem Timur RT. 02 RW. 05, tebing setinggi 15 meter longsor.

Selain bencana tanah longsor,  banjir juga terjadi di Dusun Pesanggrahan RT. 01 RW. 09, RT. 01 RW. 07 dan RT. 04 RW. 09 Desa Ciporos Kecamatan Karangpucung yang mengakibatkan akses jalan menuju Desa Pangawaren lumpuh total, ketinggian air hingga mencapai 1 hingga 1,5 meter. " ungkap Kapten Inf. Yusuf Subagyo.

Untuk mengatasi bencana alam tersebut Danramil Karangpucung bersama-sama dengan Camat, Polsek Karangpucung, BPBD beserta anggota Babinsa melakukan penanganan bencana alam dengan melakukan kerjabakti bersama warga masyarakat untuk membersihkan material longsor.

Danramil juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih hati - hati dan waspada ketika hujan deras, karena bencana alam bisa datang kapan saja. Kalau perlu mengungsi sementara sampai keadaan bisa dipastikan aman.

Selain itu, Danramil juga menekankan kepada para Babinsanya agar lebih intensif dalam pemantauan wilayah dan berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk menyiapkan tempat evakuasi apabila terjadi bencana alam datang lebih besar." Tegas Danramil Karangpucung, Kapten Inf. Yusuf Subagyo. [ Sty ]

Share
Banner

KODIM CILACAP

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: