Navigation

YLBH SIKAP Lembata Siapkan Bantuan Hukum Kepada Warga Miskin





Lembata | NTT, IMC – Masyarakat Kabupaten Lembaeta kini tak lagi khawatir untuk menuntut keadilan. Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) SIKAP Lembata siap membantu masyarakat kurang mampu mendapatkan keadilan hukum.

Direktur YLBH Sikap Lembata  Juprians Lamabela, SH, MH kepada indonesiamediacenter.com Rabu, 31/01/2018 mengungkapkan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum  dan Studi Kebijakan Publik  atau disingkat dengan YLBH SIKAP didirikan di Kota Yogyakarta pada tahun  2009 oleh beberapa orang Muda di kota Gudeg. Pada  tahun  2013 lalu,YLBH SIKAP baru mendapat pengesahan dari kementrian HUKUM  DAN HAM RI melalui keputusan mentri Hukum dan Ham RI  Nomor :AHU--4422.AH.01.04.Tahun 2013.

YLBH SIKAP melebarkan sayapnya sampai keseluruh pelosok negeri,  salah satunya YLBH SIKAP  hadir di Lembata, dengan SK Pembentukan cabang Lembata Nomor: 15/YLBH-SIKAP /IV/2016 tentang Pembentukan Kantor Perwakilan Wilayah Lembata Yayasan Lembaga Bantuan Hukum dan Studi Kebijakan Publik.

Juprians menambahkan banyak bantuan hukum yang diberikan YLBH Sikap kepada masyarakat. baik sifatnya musyawarah, perdata hingga pidana. “Kami memiliki tiga fungsi pertama advokasi masyarakat, fungsi mediasi dan dan lidigasi diluar pengadilan,” katanya.

Tujuan daripada pembentukan YLBH SIKAP lebih memberikan ruang kepada masyarakat secara luas dalam menuntut keadilan. Keadilan kerap timpang apabila melihat orang-orang yang kurang mampu, maka demi mendapatkan hak dalam hal ini keadilan butuh advokasi. “Tidak semua pelanggaran hukum yang kami advokasi itu masuknya pada pengadilan. Kami selalu melalui tahapan dari musyawarah jika memang tidak sampai titik temu baru pada pengadilan,” paparnya.

Emanuel Belida Wahon, SH dalam kesempatan itu mengatakan hadirnya YLBH diharapkan mampu membela rakyat yang tidak mampu namum membutuhkan keadilan. Hukum tidak semua orang paham, maka dari itu sebaiknya jangan melanggar hukum yang ada. “Banyak orang tidak memahami hukum dan mereka melanggarnya, maka dari itu sebaiknya harus melek hukum, tidak berbuat di luar hukum yang ada dalam menghindari munculnya hukum itu sendiri. (Emanuel Bataona)





Struktur LBH SIKAP LEMBATA

Pembina.
Akhmad Bumi, SH.

direktur:
Juprians Lamablawa, SH.,MH

Sekretaris :
Emanuel Belida Wahon, SH

Bendahara:
Gaspar Sio Apelabi, SH

Bidang Advokasi:
Masludin Ladidi, SH
Rafael Ama Raya, SH

Bidang SIKAP:
Paulus Ama Duli,A.md
Abdul Rauf  Sofyan, ST

Bidang Eksternal dan Jaringan:
Elias Keluli Making
Emanuel Dile Bataona.

Share
Banner

Emanuello Bataona

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: