Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Presiden Jokowi Hadiri Festival Tenun Ikat dan Parade 1001 Kuda Sandalwood Di Sumba Barat Daya




NTT, IMC - Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur untuk menghadiri acara Festival Tenun Ikat dan Parade 1001 Kuda Sandelwood di Weetebula, Rabu.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongannya tiba di Bandara Tambolaka dengan menggunakan pesawat kepresidenan tepat pukul 10.15 Wita, dan langsung disambut oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simandjuntak, Kapolda NTT Irjen Pol Agung Sabar Santoso beserta sejumlah pejabat setempat.

"Bapak Presiden hari ini akan menghadiri kegiatan Festival Tenun Ikat dan Parade 1001 Kuda Sandelwood dan mengelar serangkaian acara lainnya," kata Bupati Sumba Barat Daya Markus D Talu di Weetebula, Rabu.


Ia menjelaskan saat tiba di rumah jabatan nanti, Presiden akan disambut oleh sejumlah pejabat daerah seperti para bupati dari empat kabupaten di daratan Sumba.

Presiden akan diberikan gelar Rato Sumba Barat Daya atau dan akan diberikan parang khas Sumba yang gagang dibuat dari gading gajah serta diberikan seekor Kuda Sandelwood sebagai penghormatan tertinggi.

"Nanti beliau akan diberikan gelar Rato dan akan mengenakan juga pakaian adat khas Sumba serta mengenakan tenun ikat Lambaleko," tambahnya.


Sementara itu pantauan wartawan di lapangan Galatama, depan rumah jabatan Bupati Sumba Barat Daya, ribuan penenun dengan sejumlah kain hasil tenunan dan peralatan tenun lainnya sudah berkumpul. Mereka (penenun) mengenakan pakaian adat serta membawa sejumlah peralatan tenunnya.

Penenun asal Kodi Utara, Christina mengaku antusias menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut. "Saya berharap nanti bisa bersalaman dengan Presiden Jokowi," ungkapnya. (Eman Bataona)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: