Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Saka Wira Kartika Kodim 0703/Clacap Ikuti Persami Tingkat Korem 071/Wk

Cilacap, IMC - Kepala Staf Korem 071/WK, Letkol Inf. Ariful Mutaqin membuka Perkemahan Sabtu- Minggu (Persami) pramuka Saka Wira Kartika tingkat Korem 071/WK. Kegiatan berlangsung di Bumi Perkemahan desa Jambusari, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Sabtu (20/05).
Kegiatan Persami tingkat Korem 071/WK kali ini dengan mengusung tema "Melalui Pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika TA. 2017 dijajaranya ikut serta Membina dan Membentuk Generasi Muda Bangsa yang Berkarakter dan Berwawasan ke Bhinneka Tungal Ika-an guna Menjaga Keutuhan NKRI."
Menurut Danrem 071/WK dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasrem, di era globalisasi ditengarai dengan perkembangan ilmu pengetahuan,teknologi dan informasi telah membuat kehidupan menjadi semakin transparan, seolah-olah tidak ada lagi pembatas ruang,tempat dan waktu. Setiap peristiwa penting yang terjadi didunia dapat diakses dan diketahui melalui media. 

Fenomena seperti ini tentunya akan membawa berbagai perubahan dalam berfikir,bersikap dan bertindak terhadap masyarakat bangsa dan negara termasuk didalamnya para generasi muda agar tetap konsisten pada jati dirinya. Maka Korem 071/WK melalui pembinaan kepramukaan bersama-sama dengan kwartir Kabupaten melaksanakan kegiatan Persami Saka Wira Kartika.
Dengan diadakanya Persami kepramukaan ini, disamping memberikan bekal pengetahuan praktisi juga untuk menumbuhkan semangat bela negara guna mendorong dan meningkatkan kreasi kepramukaan kepada para generasi muda pewaris masa depan bangsa, sehingga diharapkan nantinya dapat menjadi manusia yang, berkepribadian luhur berjiwa Pancasila dan mencintai tanah airnya.
Terkait dengan maksud dan tujuan tersebut maka kegiatan persami ini para peserta akan melaksanakan beberapa kegiatan dan pembekalan yakni,  kecakapan khusus meliputi Krida Darat, Krida Mountaineering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana Alam.
Selain itu, Kesadaran bela negara berupa Peraturan Baris Berbaris (PBB), peraturan penghormatan militer dan latihan upacara bendera.
Wawasan kebangsaan berupa Proxy War, sejarah nasional,faham radikalisme dan bahaya laten komunis. Selain itu juga diberi materi kekaryaan dan kewirausahaan serta kepedulian sosial dan lingkungan hidup.
Dengan materi tersebut para pelajar sebagai generasi penerus bangsa memiliki kesadaran sejak pentingnya upaya bela negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang menitik beratkan pada lima unsur, kecintaan terhadap tanah air, kesadaran dalam berbangsa dan bernegaraIndonesia, yakin akan kebenaran dan kesaktian pancasila, rela berkorban demi bangsa dan negaranya, dan memiliki kemampuan awal bela negara yang mantap.
Tampak hadir dalam pembukaan Persami Saka Wira Kartika tingkat Korem 071/WK, para Kasi jajaran Korem 071/WK, para Dandim jajaran Korem 071/WK, Sekda Kabupaten Cilacap Drs. Sutarjo, MM selaku ketua Kwarcab, Forkompimcam Jeruklegi dan Kwarcab Kabupaten Cilacap. (Pendim0703Clp)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: