Navigation

Danrem 071/Wk Sematkan Baret dan Brevet Raider Prajurit Yonif 408/Sbh

Cilacap, IMC - Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi pada Rabu (26/4) di Pangkalan Kopassus Amirul Isnaeni Jl. Veteran Cilacap, sematkan baret dan brevet Raider prajurit Yonif 408/Sbh dalam Upacara Penutupan Latihan Pembentukan Yonif Raider 408/Sbh.
Upacara Penutupan Pembentukan Yonif Raider 408/Sbh itu sendiri ditutup oleh Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Tatang Sulaiman, ditandai dengan penanggalan tanda peserta, pemasangan baret, penyematan tanda kualifikasi, penyerahan sertifikat Raider dan pembacaan janji prajurit Raider. 
Latihan pembentukan Raider yang telah dilaksanakan selama 3 bulan tersebut melalui pentahapan basis, gunung dan rawa laut sebanyak 640 prajurit lolos dan berhasil menyandang prajurit Raider. 


Pembentukan Raider tersebut berupa materi demolisi, pertempuran kota, taktik pertempuran anti gerilya, pertempuran jarak dekat, pengetahuan senjata ringan, materi operasi raid penghancuran dan pembebasan tawanan, mountenering, operasi mobil udara, mahir menembak, renang militer taktis, ilmu medan dan pengetahuan lainnya, pengetahuan tersebut harus dapat dikuasai oleh prajurit Raider. 
Hal tersebut sesuai yang disampaikan Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono dalam sambutannya yang disampaikan Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Tatang Sulaiman bahwa dalam rangka mewujudkan peningkatan  kemampuan satuan selain melalui perencanaan dan pelaksanaan latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut berlandaskan perkembangan ancaman dan doktrin yang ada. 
TNI AD juga telah merencanakan secara bertahap meningkatkan kualifikasi seluruh Batalyon Infanteri di jajarannya menjadi Satuan Raider yang memiliki berbagai kemampuan bertempur secara khusus dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD. 


Jend. Mulyono mengatakan, dengan penyematan kualifikasi kemampuan sebagai prajurit Raider ini maka para prajurit Subhrasta harus sudah siap melaksanakan tugas-tugas operasi khusus. Prajurit Raider, prajurit yang hebat yang mampu bergerak secara cepat, tepat dan senyap untuk mrndekati, merebut dan menghancurkan sasaran.


Selain Pangdam IV/Dip menyematkan brevet dan baret kepada prajurit Raider Yonif 408/Sbh, Danrem 071/Wk, para Askasdam IV/Dip, para Kabalak Aju Kodam IV/Dip beserta tamu undangan lainnya serta keluarga dan sanak saudara prajurit Raider menyematkan baret dan brevet Raider kepada para prajurit Yonif 408/Sbh.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Staf TNI AD menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Penyelenggara Latihan Pembentukan Raider, baik pelatih dan pendukung serta seluruh pihak yang berkontribusi. 
"Sekali lagi saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas upaya dan kerja kerasnya  sehingga penyelenggaraan latihan Raider dapat berjalan dengan aman dan mencapai tujuan serta sasaran yang diharapkan," ungkapnya. 
"Program pembentukan satuan Raider ini masih akan terus berlangsung dalam beberapa saat kedepan. Oleh karena itu, saya minta agar kalian terus mengevaluasi seluruh program latihan ini secara obyektif dan terbuka untuk memperoleh saran dan masukan yang membangun, serta gagasan dan inovasi yang akan sangat bermanfaat bagi kesempurnaan penyelenggaraan  latihan berikutnya," pungkasnya. (Teguh)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: