Navigation

Tutup Latihan Pembentukan Yonif Raider 408, ini Pesan Pangdam IV/Diponegoro


Cilacap, IMC - Pangdam IV/Dip : "Pertahankan Kehormatan, Kebanggaan dan Reputasi Sebagai Prajurit Raider!"
Demikian penegasan Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Tatang Sulaiman dalam arahannya kepada prajurit Yonif 408/Raider, Rabu (26/4) di lapangan Pangkalan Kopassus Amirul Isnaini Jl. Veteran Cilacap usai menutup Latihan Pembentukan Yonif Raider 408/Sbh.
Menurut Mayjen Tatang Sulaiman, latihan ini berat karena dalam latihan pembentukan raider ada prajurit yang dipulangkan dan ada yang tidak lulus/tidak berhasil, dipulangkan sebanyak 34 orang dan tidak lulus 10 orang.

Baca juga : Danrem 071/Wk Sematkan Baret dan Brevet Raider Prajurit Yonif 408/Sbh
Bagi prajurit yang sudah berhasil, hal ini menjadikan suatu kebanggaan dan kehormatan.
"Semakin tinggi kemampuannya, semakin tinggi kualifikasinya, semakin terhormat prajurit, semakin tinggi kehormatannya pada dirinya dan satuannya. Maka dari itu, saya minta kepada prajurit, tidak ada prajurit Yonif 408/Raider yang menjualkan kehormatan dirinya,  berbuat pelanggaran dan melakukan tindakan tidak terhormat," tegasnya.
"Semakin tinggi kedisiplinan satuan, semakin tinggi kemampuan prajuritnya, semakin tinggi kebanggaannya, semakin tinggi kehormatannya. Pertahankan kehormatanmu, kebanggaanmu dan reputasimu dengan tidak berbuat pelanggaran sekecil apapun bentuknya," imbuh Pangdam.
Lebih jauh, Pangdam IV/Dip menyerukan semangat dan apresiasi kepada para prajurit Raider, bahwasanya prajurit raider adalah prajurit terpilih dan terlatih yang diatas rata-rata. Prajurit diminta untuk tetap menjaga dan memelihara segala kemamuan fisik dan skillnya selama pengabdian pada Negara bukan hanya pada saat latihan di kesatuan saja.

Baca juga : Yonif Raider 408 Subhrasta Terbentuk, ini Pesan KASAD

“Sebagai satuan Raider, kalian telah dibekali berbagai kemampuan, makin jago perang, raid, pembebasan, mobil udara, renang, menembak dan fisik kalian diatas rata-rata, karenanya jaga kemampuan dan latih kemampuan serta pelihara hal itu. Jangan hanya kalian sekedar untuk memenuhi standar pada saat latihan dan pendidikan saja, namun kalian harus lakukan hal ini disatuan untuk menjaga dan merawat kemampuan diri masing-masing,” ujar Pangdam.
“Dengan menjaga dan merawat kemampuan itulah identitas prajurit Raider. Karena kedepan tantangan semakin berat, maka prajurit Raider harus berlatih dan berlatih serta jangan terlena. Setelah usai menjalani latihan ini, lakukan pembinaan disatuanmu agar apa yang telah dilakukan dalam latihan ini melekat pada diri kalian,” imbuhnya.

"Sekali lagi saya ingatkan, semakin tinggi kemampuan, semakin tinggi keahlian dalam berperang, bukan untuk menyakiti rakyat dan merugikan rakyat, tetapi untuk melindungi rakyat, itulah jatidiri kalian. Kalian ahli dalam ini untuk melawan musuh rakyat dan musuh negara, rakyat harus dilindungi," terangnya.

Baca juga : Pangdam IV/Dip : Prajurit Kodam IV/Dip Harus Tetap Jaga Netralitas TNI Dalam Pilkada
Pada kesempatan lainnya, Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Tatang Sulaiman menyampaikan apresiasi kepada seluruh prajurit atas keberhasilannya dalam menempuh latihan pembentukan raider.
"Saya bangga pada kalian semua prajurit-prajurit Raider prajurit Yonif 408/Raider, teruskan dan kembangkan kemampuanmu, teruslah berlatih untuk menjadikan prajurit yang tangguh," pungkasnya. (Teguh)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: