Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Pangdam IV/Dip : Prajurit Kodam IV/Dip Harus Tetap Jaga Netralitas TNI Dalam Pilkada

Banyumas, IMC - Demikian penegasan Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Jaswandi dalam amanatnya pada Upacara Bendera 17-an Maret 2017 yang disampaikan Kasrem 071/Wk Letkol Inf Ariful Mutaqin selaku Irup Upacara Bendera 17 an Maret 2017, Jumat (17/3) di Lapangan Upacara Makorem 071/Wk Jl. Gatot Subroto Sokaraja Banyumas.

Lebih lanjut disampaikan Pangdam IV/Dip bahwa hingga saat ini masih terdapat persoalan-persoalan terkait pelaksanaan Pilkada dan hasilnya. "Terkait hal tersebut, saya perintahkan kepada seluruh prajurit Kodam IV/Dip tetap menjaga netralitas dan tidak melakukan campur tangan terhadap proses yang masih dan sedang berlangsung," terang Pangdam IV/Dip.
"Sebagai alat negara, prajurit Kodam IV/Dip wajib menjaga netralitas, mengayomi dan menempatkan diri dengan baik diantara semua pihak yang sedang berkompetisi," lanjutnya.
Disamping itu, prajurit tetap menjaga kewaspadaan dan siap membantu pemerintah untuk mengawal jalannya demokrasi hingga seluruh proses pilkada selesai yakni pelantikan para Kepala Daerah baru yang terpilih.
"Upaya yang dapat dilakukan, dengan memetakan potensi kerawanan serta membangun komunikasi dengan Tokoh Agama, Adat dan Tokoh Masyarakat untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan sepanjang pelaksanaan pilkada serentak tersebut," terang Pangdam IV/Dip.
Pangdam Menambahkan, prajurit perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menghormati proses demokrasi yang telah berlangsung serta mengedepankan cara-cara beradab dan beretika dalam menyelesaikan berbagai persoalan.
Pada kesempatan yang sama dalam amanatnya, Pangdam IV/Dip menyampaikan atensi dan harapan untuk dijadikan pedoman bagi prajurit dan PNS Kodam IV/Dip, yakni untuk senantiasa waspada dan siap siaga terhadap setiap kecenderungan situasi wilayah masing-masing sehingga dapat memberikan kontribusi dan tindakan yang diperlukan secara cepat dan tepat baik dalam rangka tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).
Meningkatkan disiplin, dedikasi, loyalitas yang tinggi untuk memperkokoh integritas sebagai abdi negara yang militan. Menjalin komunikasi yang harmonis dengan rakyat sebagai landasan utama dalam memperteguh kemanunggalan TNI-Rakyat.
Meningkatkan pembinaan satuan melalui kepemimpinan lapangan yang efektif serta melaksanakan pemeliharaan dan perawatan alutsista dan perlengkapan satuan lainnya sesuai prosedur, mekanisme dan dukungan anggaran yang tersedia.
Melanjutkan pelaksanaan program dan anggaran tahun 2017 khususnya triwulan 2 sebaik-baiknya. Mempertajam prioritas kegiatan dan optimalkan setiap penggunaan anggaran, materiil dan fasilitas dengan memegang teguh prinsip kehati-hatian, sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, transparan, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.
Upacara Bendera 17 an bulan Maret, diikuti para Kasirem 071/Wk, para Dan/Ka Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Makorem 071/Wk dan Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk. (tgh)
Penulis : Teguh Andi Sasono

Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: