Navigation

Penyuluhan Kanker Serviks dan Kanker Payudara Warnai HUT Ke-71 Persit KCK Koorcab Rem 071 Pd IV/Dip



TEGAL - Penyuluhan Kanker Serviks dan Kanker Payudara warnai rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-71 Persit Kartika Chandra Kirana, Rabu (1/3) di Aula Rumah Sakit Tk. III 04.06.01 Purwokerto.
Kegiatan yang dimotori oleh Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Dip ini, dihadiri Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Dip Ny. Fitri Ariful Mutaqin dan para pengurus serta para Ketua Ranting beserta anggota Persit Cabang XVI Dim 0701/Bms dan Persit Cabang XVII Dim 0702/Pbg.
Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Dip dalam amanatnya yang disampaikan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Dip Ny. Fitri Ariful Mutaqin menyampaikan bahwasanya hidup sehat jasmani dan rohani serta jauh dari penyakit adalah idaman setiap orang, namun untuk dapat hidup sehat seperti yang diharapkan tidak semua orang tahu caranya. Oleh karenanya kita perlu mengetahui bagaimana cara agar kita dapat hidup sehat jasmani dan rohani terhindar dari berbagai penyakit.
"Kunci keberhasilan dalam menciptakan bahtera kehidupan rumah tangga bahagia tidak selalu ditentukan kemewahan harta yang banyak dan kekuasaan semata, namun hakekatnya kebahagian ditentukan tiga aspek yakni sehat jasmani dan rohani, harmonis dalam kehidupannya serta cukup sandang, papan dan pangannya," terangnya.
"Apalah arti semua itu bila kehidupan kita keluarga kita sering sakit atau mengidap penyakit berbahaya, tentu hal itu tidak dapat kita nikmati dengan baik. Namun jika kita berkehidupan sederhana akan tetapi kondisi jasmani dan rohani kita dan keluarga kita sehat dan jauh dari penyakit, tentu akan lebih bahagia menapaki kehidupan kita," lanjutnya.
Penyuluhan kanker serviks disampaikan oleh Letkol Ckm dr. Puji Tri Harsono, Sp.OG Staf Khusus Pangdam IV/Dip BP. Poli Obgin RS Tk III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto dengan tema “Kanker Leher Rahim, Pencegahan dan Terapi.”
Sedangkan Ka Rumkit Tk III 04.06.01 Letkol Ckm dr. Sumanta Sembiring, Sp.B memberikan materi penyuluhan dengan tema “Kanker Payudara, penanganan dan pencegahan.”
Letkol Ckm dr. Puji Tri Harsono, SpOG dalam ceramahnya menyampaikan bahwa kanker leher rahim adalah tumor ganas yang terdapat pada leher rahim atau mulut rahim pada wanita, yang banyak diderita para wanita. Faktor penyebabnya adalah trauma pada persalinan yang terjadi akibat kerusakan sel atau displasia, infeksi (HPV tipe 16, HVA, Trikomonas) yang menyebabkan servitis, dan penyebab ketiga Higiene kelamin.
Sedangkan faktor resiko dan predisposisi yakni menikah muda, sperma yang mengandung histone, ganti-ganti pasangan seksual/jumlah perkawinan, rangsangan pada serviks yang terus menerus seperti terjadi peradangan/infeksi virus dan senggama, multiparitas (jumlah persalinan), sosial ekonomi rendah, dan higiene kelamin.
Menurutnya, diagnosis dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya melalui pap smear, IVA (Inspeksi Visual Acetic acid), Shiller test, Biopsi, dan Kolposkopi.
Selain menyampaikan tentang pengertian kanker leher / mulut rahim dan faktor-faktor penyebabnya serta faktor resiko dan predisposisi. Pemateri menyampaikan tentang gejala dan indikasi yang dialami para penderita, perjalanan penyakit, pemeriksaan jaringan / histoptologi, diagnosis, pemeriksaan secara klinis, dan pencegahan.
"Pada pemeriksaan klinis dalam stadium awal dilakukan skrining dengan melakukan pap smear, stadium lanjut dengan melakukan contact bleding/perdarahan sentuh, vaginal discharge/pengeluaran cairan pervaginam. Disamping itu, dilakukan pemeriksaan fisik/inspekulo dan periksa dalam, biopsi dan kolposkopi", terangnya.
Disamping itu, pencegahan harus dilakukan seperti menghindari kawin muda, jangan terlalu banyak anak, menghindari ganti pasangan, merawat dan menjaga kebersihan kelamin, hindari penyakit kelamin, makan makanan bergizi, dan melakukan pemeriksaan pap smear secara berkala.
Pada kesempatan yang sama Letkol Ckm. dr. Sumanta Sembiring, Sp. B menyampaikan tentang anatomi penyakit kanker payudara, pengertian kanker payudara, epidemioligi, penyebab dan gejala serta resiko kanker payudara, pencegahan dan pengobatan kanker payudara.
Menurutnya, kanker payudara adalah tumor ganas yang tumbuh dalam jaringan payudara yang bisa mulai tumbuh dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak maupun jaringan ikat pada payudara.
"Kanker payudara merupakan tumor ganas yang banyak diderita kaum wanita, dan penyebab kematian tertinggi kanker, di Indonesia pada tahun 1999 kanker payudara penyakit kedua terbanyak keganasannya setelah kanker serviks," terangnya.
Penyebab kanker payudara akibat faktor resiko yakni reproduksi, penggunaan hormon, penyakit fibrokistik, obesitas, mengkonsumsi lemak berlebih, radiasi ionisasi dan usia, sedangkan faktor genetik yakni mutasi gen.
"Kenali gejala dan ciri-ciri serta tanda kanker payudara, dan lakukan pencegahannya dengan melakukan pemeriksaan pada diri sendiri, melakukan pola hidup sehat, melakukan skrining dan melakukan pemeriksaan berkala", ungkapnya
Pengobatan kanker payudara dapat dilakukan dengan cara operasi dengan mengangkat payudara (pada benjolan saja, sebagian/seluruh payudara hingga otot/kelenjar getah bening disekitarnya).
Radiasi dengan proses penyinaran sinar ‘x’ dan sinar gamma pada bagian yang terkena kanker, hal ini berfungsi untuk membunuh sel kanker yang masih tersisa setelah operasi.
Kemoterapi, pemberian obat-obatan anti kanker baik obat dalam bentuk pil cair / kapsul maupun melalui infus untuk membunuh sel kanker. (Tgh)

Penulis : Teguh Andi Sasono
Editor : Putri
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: