Navigation

Danrem 071/Wk : Prajurit Wijayakusuma Hendaknya Meneladani Pesan Moral Panglima Besar Jenderal Soedirman


BANYUMAS - Menurut Komadan Resort Militer 071/Wijayakusuma, prajurit Wijayakusuma hendaknya meneladani pesan moral panglima besar jenderal Soedirman.
Demikian penegasan Danrem 071/Wk Kolonel Inf. Suhardi pada sambutannya dalam acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Distrik Militer (Dandim) 0712/Tegal, Kasipers dan Kasilogrem 071/Wk, Selasa (7/2) di Gedung Pertemuan A.Yani Makorem 071/Wk Jl.Gatot Subroto No.1 Sokaraja Banyumas lalu.
Pesan moral Panglima Besar Jenderal Soedirman yang disampaikan pada saat beliau menjadi Daidanco Tahun 1944 yakni Janganlah berbuat seperti sapu yang meninggalkan ikatannya, sebatang lidi memang tidak berarti apa-apa tetapi dalam satu ikatan akan mampu menyapu segala-galanya.
Danrem menambahkan bahwa pesan moral Panglima Besar Jenderal Soedirman tersebut menjadi makna yang dalam bagi prajurit Wijayakusuma, karena saat ini Indonesia sedang mengalami krisis moral dimana loyalitas dan rasa tanggung jawab untuk membela negara masih sangat diperlukan.
“Karenanya kita sebagai prajurit Wijayakusuma dimanapun bertugas dan berada harus dapat meneladani pesan moral Panglima Besar Jenderal Soedirman, sehingga dengan hal ini prajurit Wijayakusuma dapat menjadi contoh teladan dan panutan bagi masyarakat diwilayahnya masing-masing. Membawa masyarakat diwilayahnya agar terus menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga dan mempererat kebhinnekaan, memegang teguh prinsip norma dan nilai-nilai Pancasila dalam berkehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat, hal ini untuk tetap tegak kokohnya keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama,” Ungkap Danrem dalam sambutannya, selasa (7/2/17).
“Kemanunggalan TNI dengan Rakyat harus selalu terbina dengan baik di wilayah, jalin dan tingkatkan terus komunikasi sosial dengan elemen dan komponen bangsa lainnya di wilayah, dengan itu semua niscaya krisis moral yang terjadi akan punah dan hilang sehingga loyalitas dan rasa tanggungjawab membela negara akan kembali terpatri disanubari masyarakat warga bangsa Indonesia,” imbuhnya.
Disamping menyampaikan pesan moral Panglima Besar Jenderal Soedirman, Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi menyampaikan agar disetiap Kodim jajaran Korem 071/Wk untuk membuat dan memasang prasasti Panglima Besar Jenderal Soedirman.
"Dengan membuat dan memasang prasasti seperti di Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman, mudah-mudahan dan semoga pesan moral apa yang disampaikan beliau tentang sapu lidi dapat diteladani masyarakat diwilayahnya sehingga akan timbul memiliki dan menghargai rasa cinta tanah air, bangsa dan negaranya", terangnya. (TGH)

Penulis : Teguh Adi Sasono
Editor : Putri


Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: