Inilah Janji Debat Capres 2024

 

 

 

Tiga Kandidiat Capres 2024

 


 

Jakarta, IMC - Debat perdana calon presiden 2024 akan diselenggarakan Selasa malam, (12/12) di Kantor KPU, Jakarta. Capres yang akan berdebat yaitu Anies Baswedan (nomor urut 1), Prabowo Subianto (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo (nomor urut 3). Tema debat pertama ini, seputar pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

 

Apa saja yang diketahui sejauh ini?

Capres 2024 bicara pemberantasan korupsi, 'tidak terlalu progresif'

Di sesi mengenai pemberantasan korupsi, pertanyaan panelis adalah: apa terobosan yang akan dilakukan para capres untuk menimbulkan efek jera bagi koruptor dan menyelamatkan aset yang dikorupsi.

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, mengatakan setidaknya ada empat hal yang akan dilakukan dalam upaya pemberantasan korupsi.

 

Pertama, koruptor harus "dijerakan" dengan Rancangan Undang-Undang Perampasan Aset dan pemiskinan.

Kedua, Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) akan direvisi sehingga menjadi lembaga yang kuat kembali.

 

Ketiga, memberikan imbalan kepada orang-orang yang membantu melaporkan kasus korupsi sehingga diharapkan ada partisipasi masyarakat seperti yang dicantumkan dalam undang-undang.

Terakhir, sambungnya, standar etik para pemimpin KPK harus sangat tinggi.

Kemudian capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, menekankan pada memperkuat lembaga-lembaga hukum seperti Kepolisian, Kejaksaan, dan KPK.

 

Tak hanya itu Prabowo juga berkata akan memperkuat lembaga pengawasan semisal Ombudsman RI, Badan Pemeriksa Keuangan, dan inspektorat di kementerian.

 

Adapun capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, akan mengutamakan pada penegakan hukum di antaranya pemiskinan koruptor, perampasan aset, dan kalau perlu katanya menyeret pejabat yang melakukan tindak korupsi ke Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan sebagai efek jera.

Baginya seorang pemimpin harus bisa memberikan contoh soal hidup sederhana, tidak bermewah-mewah.

Ganjar lantas mencomot data LSM anti-korupsi ICW yang menyebutkan dalam sepuluh tahun terakhir kerugian negara akibat korupsi mencapai Rp230 triliun. Uang ini kata dia, setara dengan membangun 27.000 puskesmas. Namun klaim belum bisa diverifikasi.

 

Dari jawaban para capres soal pemberantasan korupsi itu, Dewan Pengawas Indonesia Corruption Watch, Dadang Trisasongko, mengatakan "tidak ada yang terlalu progresif" dan tidak ada yang mencerminkan pemikiran bahwa korupsi merupakan masalah mendasar.

Namun para capres, katanya tidak berusaha menjelaskan bagaimana mereka bakal meyakinkan partai politik pendukung upaya penegakan hukum tersebut.

Pasalnya revisi UU KPK yang saat ini melemahkan lembaga anti-rasuah tersebut didukung oleh seluruh partai politik tanpa kecuali.

 

Begitu pula dengan Rancangan UU Perampasan Aset yang tak kunjung disahkan DPR lantaran tak ada dukungan dari parpol.

 

"Ini tantangan capres apakah dia bisa mengonsolidasikan partai pendukung mereka untuk memperkuat KPK dan mengesahkan RUU Perampasan Aset?" imbuh Dadang.

"Publik harus paham realitas ini bahwa ada peran parpol pengusung para capres yang menahan proses RUU Perampasan Aset dan melemahkan KPK."

Kendati demikian Dadang menilai kalau memperhatikan jawaban para capres dalam debat kali ini, capres Anies Baswedan dianggap yang lebih elaboratif jawabannya.

Adapun Ganjar Pranowo, sebutnya, kurang menjawab kegelisahan publik lantaran tidak menyebut soal pelemahan KPK.

 

Sementara jawaban Prabowo Subianto, katanya, paling kabur karena tidak menjelaskan bagaimana caranya menguatkan institusi hukum dan lembaga pengawas.

 

Capres 2024 bicara Papua, 'belum menjawab akar persoalan'

Pertanyaan pertama yang mengemuka dalam sesi debat adalah terkait strategi para capres terhadap isu Papua, di mana menurut para panelis, tren kekerasan terus meningkat dan persoalan HAM di Papua belum diselesaikan.

 

Prabowo mengatakan persoalan Papua "rumit" karena terjadi "gerakan separatisme". Dia menuding "ada campur tangan asing" dan "ada kekuatan-kekuatan tertentu yang ingin Indonesia disintegrasi pecah".

Dia menyebut persoalan HAM di Papua "perlu diutamakan", namun Prabowo berencana memperkuat kehadiran aparat di Papua dan mempercepat pembangunan ekonomi.

 

Menanggapi penjelasan Prabowo, Ganjar mengatakan pentingnya dialog untuk menyelesaikan akar masalah di Papua.

 

Sedangkan Anies, mengatakan bahwa akar masalah di Papua "bukan kekerasan", namun tidak adanya keadilan di Tanah Papua. Dia juga mengatakan persoalan di Papua semestinya diselesaikan dengan dialog.

 

Peneliti dari Institute of Criminal Justice Record (ICJR) Iftitah Sari, mengatakan bahwa ketiga capres belum menjawab akar masalah yang terjadi di Papua secara signifikan. Riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang kini telah berubah menjadi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan empat masalah dasar Papua adalah stigmatisasi dan diskriminasi, pelanggaran HAM, kegagalan pembangunan, serta status dan sejarah politik Papua.

 

"Di berbagai daerah masih ditemukan tindakan rasisme, misalnya kasus terhadap mahasiswa [Papua] di Jawa Timur," kata Iftita menyinggung peristiwa yang terjadi di Asrama Papua pada 2019.

Prabowo juga menyinggung soal pertumbuhan ekonomi di Papua yang dia sebut "paling pesat" pada era Jokowi. Namun data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa angka kemiskinan di Papua pada 2023 merupakan yang tertinggi di Indonesia, yakni setinggi 26,03%. Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Papua masih jadi yang terendah di Indonesia.

 

"Otonomi khusus [di Papua] sudah 20 tahun berjalan, tapi masih belum ada perubahan," kata Iftita.

Janji capres 2024

·         Anies Baswedan

Calon presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan mengkritik situasi penegakan hukum di Indonesia. Ia menggaungkan "perubahan". Kata Anies, penegakan hukum yang dijalankan pemerintah saat ini, sering tidak sesuai dengan prinsip hukum lantaran hukum bukan dijalankan oleh negara akan tetapi kekuasaan.

"Dalam negara kekuasaan, hukum diatur oleh penguasa dan kita tidak menginginkan itu. Hukum harusnya tegak, tapi kenyataannya bengkok," ujar Anies Baswedan.

 

Ia sempat mengkritik tindakan penangkapan dan kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian ketika menangani aksi demonstrasi mahasiswa beberapa waktu lalu semisal penolakan RUU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Omnibus Law Cipta Kerja. Kala itu, aparat polisi menembakkan gas air mata, sambung Anies.

 

Ia juga mencontohkan sejumlah kasus yang tidak tuntas, seperti kasus Mega Suryani Dewi seorang ibu rumah tangga yang mengalami Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) pada September lalu, dan kasus meninggalnya seorang anak Harun Al Rasyid pada Mei 2019 silam.

·         Prabowo Subianto

Ketika menyampaikan visi misi bidang hukum, HAM dan pemerintahannya, Prabowo Subianto mengatakan "akan memperbaiki apa yang perlu diperbaiki, menegakkan apa yang perlu ditegakkan, dan memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya".

"Saya pertaruhkan nyawa saya, jiwa saya untuk membela demokrasi, hukum dan HAM," kata Prabowo.

·         Ganjar Pranowo

Saat menyampaikan visi misi, Ganjar mengatakan menjabarkan tiga gagasan, salah satunya pembangunan fasilitas kesehatan satu desa, satu puskesmas. Selain itu, Ganjar juga menjanjikan insentif bagi guru, termasuk guru agama, agar bisa mengajarkan budi pekerti luhur dengan moderasi agama. Ketiga, Ganjar juga menjanjikan pemerataan akses pendidikan dengan memberikan internet gratis bagi para siswa.

“Semua ini bisa berjalan kalau pemerintahnya bersih,” ujar Ganjar.

 

Jadwal debat capres 2024

Debat ini berlangsung selama 150 menit (sudah termasuk jeda iklan 30 menit) mulai pukul 19.00 WIB. Debat perdana capres 2024 disiarkan di sejumlah televisi nasional, termasuk saluran resmi KPU di YouTube.

 

Debat akan dibagi menjadi enam segmentasi.

Segmen pertama, penyampaian tata tertib dan visi misi/program masing-masing capres.

Segmen kedua sampai kelima merupakan sesi khusus interaksi antarcalon. Dalam sesi interaktif ini, masing-masing capres bergiliran mengambil undian pertanyaan debat yang sudah disusun oleh tim panelis.

Capres yang mendapat giliran juga diberi waktu dua menit untuk menjawab pertanyaan dari panelis. Selanjutnya, dua capres lainnya, akan menanggapi jawaban tersebut dan diberi waktu selama satu menit.

Segmen keenam, menjadi sesi akhir di mana masing-masing capres memberikan pernyataan penutup.

 

Panelis debat capres 2024 pertama ini adalah 11 pakar. Mereka adalah Mada Sukmajati (pakar ilmu politik UGM), Rudi Rohi (pakar Ilmu politik Universitas Nusa Cendana Kupang), Lita Tyesta (ahli hukum tata negara Unversitas Diponegoro), dan Khairul Fahmi (pakar hukum Universitas Andalas).

 

Panelis juga diisi oleh Agus Riewanto (pakar hukum tata negara Universitas Sebelas Maret Surakarta), Susi Dwi Harijanti (pakar hukum tata negara Universitas Padjadjaran), dan Bayu Dwi Anggono (Guru Besar Hukum di Universitas Jember). Selain itu, tim panelis juga terdiri dari Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM periode 2017-2020), Al Makin (Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga), Gun Gun Heryanto (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), dan Wawan Mas'udi (pakar politik, Dekan Fisipol UGM).

Sejauh pantauan BBC News Indonesia, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di depan kantor KPU sudah mulai ditutup sejak pukul 15.00 WIB. Menurut kepolisian jalan akan ditutup sepenuhnya pukul 16.00 WIB, dan akan ada rekayasa lalu lintas. "Jalan-jalan di sekitar lokasi debat atau di sekitar KPU akan dilakukan sterilisasi atau rekayasa lalu lintas," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro. (rachmansalihulhadi/red.).

 

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال