Puncak Peringatan HUT Aceh Tamiang ke-21 Digelar

 






Aceh Tamiang, IMC - Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupten Aceh Tamiang ke-21 bertepatan dengan 19 Ramadan 1944H.


Peringatan momentum akbar ini dilakukan Pemerintah Daerah dengan menggelar upacara di Lapangan Upacara Tribun setempat, Senin, (10/4/23).


Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH selaku Inspektur Upacara bertutur agar masyarakat terus bersyukur dan menjadikan hari Ulang Tahun Kabupaten Aceh Tamiang ini sebagai inspirasi, dan motivasi, untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan memajukan kehidupan daerah ini.


“Hari ini kita perlu kembali menyatukan hati, menguatkan kontribusi, mengerahkan segala energi guna bersama-sama melangkah, menganalisa kelemahan, menutup kekurangan untuk jeli mengelola potensi yang melahirkan keunggulan, hingga pada waktunya nanti kita bisa berlari cepat, melampaui apa yang sudah kita capai selama ini”, tutur Meurah.


Pembangunan mental aparatur merupakan hal yang paling mendasar. Meurah menilai, perilaku Aparatur Pemerintah harus mencerminkan budaya Islami.


“Kita mulai pembangunan dari mengokohkan mental aparaturnya. Masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang menanti kesinambungan kerja-kerja kita. Mari bersama kita wujudkan Aceh Tamiang yang madani, Islami dan sejahtera”, tegasnya.


“Cukupkan ilmu kita, tapi jangan pernah merasa cukup. Dunia yang semakin mengglobal menuntut kompetensi kita. Di masa yang akan datang, yang tidak memiliki kompetensi akan tergilas oleh sistem.

Kompetensi merupakan kebutuhan” terangnya.


Secara geografis, Aceh Tamiang merupakan daerah yang sangat berpotensi. Ditambah lagi Sumber daya alamnya sangat kaya. Maka kita harus memanfaatkan peluang ini.


“Kita hanya perlu membenahi sumber daya manusia kita. Inilah simpul masalah kita selama ini” pungkasnya.


Pj. Bupati Meurah juga menyebutkan beberapa prestasi yang telah diraih Kabupaten Aceh Tamiang tahun ini di antaranya: penghargaan WTP selama 9 (sembilan) kali berturut-turut; Posisi ke-4 kategori Kabupaten/Kota Inovatif di Aceh; Meraih penghargaan Program Bangga Kencana Tahun 2022 dari Kepala Perwakilan BKKBN; Mendapat predikat Zona Hijau Kualitas Tinggi dengan nilai 80,46 dari Ombudsman RI Aceh di Banda Aceh.


Selanjutnya, Pemkab Aceh tamiang juga mendapat Apresiasi tertinggi dari Kemendagri dalam Rakor Pengendalian Inflasi dan tercatat berhasil menurunkan Indeks Perkembangan Harga (IPH) tertinggi; Meraih Peringkat Pertama Tata kelola Keuangan Daerah Realisasi Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD) tertinggi dan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Keuangan Daerah tercepat dari Kemendagri; dan menerima penghargaan Universal Coverage Health Award, sebagai salah satu Kabupaten/Kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Juga banyak capaian prestasi lainnya yang kita peroleh.


“Capaian ini adalah bagian dari langkah-langkah perjuangan dan kerja-kerja kita membangun Aceh Tamiang, demi menuju masyarakat yang madani, Islami dan sejahtera”, ujarnya mengakhiri.


Dalam momentum ini juga, turut dilakukan pemberian bingkisan dan sertifikat kepada beberapa tokoh masyarakat yang terlibat dalam pemekaran Kabupaten Aceh Tamiang serta penyerahan piagam penghargaan Lomba Kampung Timgkat Kabupaten tahun 2023. Adapun tiga kampung yang meraih Juara diantaranya, Kampung Kesehatan, Karang Baru sebagai Juara 1, Kampung Suka Jadi, Rantau sebagai Juara 2 dan Kampung seuneubok Aceh, Bendahara sebagai Juara 3. 

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال