Tim Asesor Akreditasi LAN Lakukan Visitasi Akreditasi di Pusdiklat Mapim Badiklat Kejaksaan


Tim Asesor Akreditasi LAN melakukan visitasi akreditasi di Pusdiklat manajemen dan Kepemimpinana Badan Diklat Kejaksaan RI.

Jakarta, IMC
- Tim Asesor Akreditasi Lembaga Administrasi Negara ( LAN ) melakukan visitasi Akreditasi di Pusat Diklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Diklat Kejaksaan RI, di Adhyaksa Loka, Ceger- Jakarta, Selasa ( 1/11/2022 ).

Tim Asesor Akreditasi diketuai oleh Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Lembaga Administrasi Negara ( LAN ), Dr. Muhammad Firdaus tiba di Kampus B komplek Adhyaksa Loka, Badan Diklat Kejaksaan pada Selasa pagi disambut Sekretaris Badan Diklat Kejaksaan RI, Dr. Jaya Kesuma, dengan didampingi Kapusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan, Andi Iqbal Arief, dan sejumlah pejabat eselon III dan IV di lingkungan Badiklat Kejaksaan RI.


Kegiatan visitasi akreditasi diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin Sekretaris Badan Diklat mewakili Kepala Badan Diklat Kejaksaan, dalam sambutannya sesbadiklat menyampaikan Kedudukan, Tugas dan Wewenang serta Fungsi juga sarana dan prasarana Badan Diklat Kejaksaan RI.

Oleh karena itu Badan Diklat Kejaksan RI sebagai tempat mendidik dan melatih perlu untuk meningkat kinerjanya sebagai lembaga pengembang dan meningkat SDM.

Menurutnya, Keberhasilan pelaksanaan kegiatan pelatihan sangat ditentukan oleh ketersediaan berbagai komponen yang saling terkait satu sama lain.

Jaya Kesuma menyebut Badan Diklat Kejaksaan RI selalu berbenah diri untuk meningkatkan kualitasnya yaitu dengan memperoleh perpanjangan Akreditasi dari Lembaga Administrasi Negara ( LAN ), penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2015 dan pada tahun 2022 ini Badan Diklat Kejaksaaan RI mempertahankan Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani ( WBK dan WBBM ).

“ Jadi ini adalah program agenda rutin dari Lembaga administrasi negara dalam rangka selaku pembina dan punya kewajiban melihat sarana dan prasarana yang dapat mendukung dalam kegiatan kegiatan PKA, ( Pelatihan Kepemimpinan Administrator ), PKP ( Pelatihan Kepemimpinan Pengawas ) kemudian Pendidikan Pelatihan Dasar bagi CPNS. Ini memang kewajiban mereka untuk melakukan pengecekan, kedua Badiklat juga dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kegiatan kegiatan itu, dan jauh jauh hari sudah dipersiapkan, hari ini adalah bentuk konkrit mereka melakukan peninjauan lapangan,” kata Jaya Kesuma.

Jaya menambahkan dalam kegiatan ini ada dua akreditasi yaitu Akreditasi Kapus Mapim dan Akreditasi kelembagaan.

 

Pada kesempatan yang sama ketua tim Asesor Akreditasi LAN Muhammad Firdaus mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap kualitas penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan baik kepemimpinan adminstrator maupaun pengawas.      

“ Ini merupakan bagian dari penjaminan mutu yang dilakukan oleh LAN dalam tugas dan fungsinya sebagai pembina dan pelatihan ASN,” ujarnya.

 Adapun rangkaian proses penjaminan mutu ini kata Firdaus adalah Akreditasi.

“ Yang kita sebut Akreditasi itu, diantaranya pengiriman dokumen dokumen untuk memberikan preseden mengenai baik kualitas penyelenggaraan, kemudian dilihat oleh dan diteliti oleh asesor,” bebernya.

“ Kemudian untuk melengkapi kita datang hari ini langsung ke lokasi untuk melihat fasilitasnya, Prasarana pendukung, dan juga adalah berdiskusi langsung dengan beberapa pihak diantaranya widyaiswara, penjamin mutu, supaya bisa memberikan nilai dan nanti akan disidangkan oleh pimpinan di LAN untuk menentukan akreditasnya, kalo akreditasi itu kalo A bisa berlaku sampai lima tahun,” tandasnya.

Selanjutnya Tim Asesor yang diketuai Muhammad Firdaus melakukan penilaian dengan peninjauan ke ruang kelas belajar, ruang makan, ruang perpustakaan dan keseluruh komponen sarana dan prasarana serta melakukan wawancara terhadap sejumlah pegawai dan alumni PKA ( Pelatihan Kepemimpinan Administrator ) dan PKP ( Pelatihan Kepemimpinan Pengawas ) yang di datangkan khusus oleh Badiklat. ( Muzer )

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال