Departemen Agribisnis dan Hipma IPB University Dorong Pencapaian SDGs Lewat Week of Agribusiness




Jakarta, IMC
- Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University menyelenggarakan Week of Agribusiness (WOA), 29/10. Agenda yang dilaksanakan setiap tahun ini merupakan wadah warga Departemen Agribisnis IPB University untuk mempererat tali silaturahmi. Mengusung tema "Gerakan Kebersamaan Gapai SDGs Indonesia 2030", kegiatan ini dilakukan berkolaborasi dengan Himpunan Profesi Mahasiswa Agribisnis (Hipma) FEM IPB University.


Kegiatan diikuti oleh dosen, tenaga kependidikan (tendik) dan mahasiswa Agribisnis IPB University dari berbagai jenjang program angkatan. Agenda WOA diawali dengan jalan sehat mengelilingi lingkungan Kampus Dramaga. Pemotongan pita dilakukan oleh Ketua Departemen Agribisnis, Dr Dwi Rachmina sebagai tanda mulainya jalan sehat.



“Kegiatan ini merupakan suatu ajang untuk saling mendekatkan kembali satu sama lain. Pada WOA ini terdapat kegiatan Puncak Apresiasi, yaitu bagaimana Departemen Agribisnis mengapresiasi prestasi dari semua pihak, baik mahasiswa Sarjana Agribisnis angkatan 56, 57, dan 58, mahasiswa Magister Sains Agribisnis, mahasiswa Doktoral Agribisnis, dosen, dan juga tendik,” ujar Dr Dwi Rachmina.


Nur Afra Nabilla, salah satu panitia WOA 2022 mengatakan, selain mempererat tali silaturahmi, tahun ini WOA juga berfokus mendorong pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Setiap rangkaian kegiatan dikemas demi mendukung pencapaian SDGs.

“Ajang WOA 2022 akan menjamin partisipasi penuh kepada pria dan wanita tanpa adanya diskriminasi pada seluruh rangkaian acara. Hal ini guna mendukung pencapaian SDGs poin kelima, yakni kesetaraan gender,” sebut dia.


Gelaran WOA 2022 juga dihiasi dengan Lomba Kebersamaan, Puncak Apresiasi dan Mini Expo Wirausaha Merdeka (WMK). Untuk mendukung pencapaian SDGs ke 10, yakni Berkurangnya Kesenjangan, diadakan Lomba Kuliner yang diikuti oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini bertujuan memberikan dampak positif kepada UMKM di dalam dan sekitar kampus.


“Selain itu, para peserta WOA 2022 mendapatkan sosialisasi terkait pentingnya mengkonsumsi makanan secara bertanggung jawab dengan meminimalisir sampah pangan yang dihasilkan. Kegiatan ini demi mendukung pencapaian SDGs ke-12, yaitu Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab,” ungkapnya.


Terakhir, kata Nur Afra, WOA 2022 juga bekerjasama dengan panitia WMK Agribisnis IPB University untuk mendorong pencapaian SDGs keempat dan kedelapan. Para peserta WMK telah diberikan bimbingan oleh dosen dan praktisi bisnis agar memiliki kemampuan yang komprehensif sebagai seorang wirausahawan dan mampu menghasilkan produk inovasi. (*/Rz)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال