Wako Hendri Septa Optimis TP-PKK Parupuk Tabing Terbaik Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi 2022


PADANG, IMC - Mewakili Kota Padang dalam ajang Penilaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2022, TP-PKK Kelurahan Parupuak Tabing, Kecamatan Koto Tangah resmi dinilai, Senin (23/5/2022) pagi.


Penilaian tersebut dilangsungkan di Kantor Lurah Parupuk Tabing oleh Ketua Tim Penilai Lomba Gerakan PKK Tingkat Sumbar Ny. Harneli Bahar yang juga Ketua TP-PKK Sumbar bersama rombongan Tim Penilai lainnya.


Kedatangan rombongan Tim Penilai pun disambut antusias oleh Wali Kota Padang Hendri Septa dan Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Putrinda beserta Ketua TP-PKK Kecamatan Koto Tangah Ny. Dwi Lestariwati Thalib dan Ketua TP-PKK Kelurahan Parupuk Tabing Ny. Yuliasmi.


Selain itu juga hadir beberapa pimpinan OPD di Pemko Padang bersama Camat Koto Tangah serta lurah, para kader PKK dan elemen masyarakat di kelurahan setempat.


Wali Kota Padang dalam sambutan dan arahannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang berharap TP-PKK Kelurahan Parupuk Tabing yang mewakili Kota Padang dalam ajang lomba gerakan PKK tingkat provinsi tahun 2022 bisa menjadi yang terbaik dan berhak mewakili Sumbar ke tingkat nasional nantinya.


"Kita berharap, mudah-mudahan kerja keras dari seluruh kader-kader PKK, elemen masyarakat dan semua pihak yang mendukung dalam penilaian ini berbuah manis dengan meraih hasil yang dinginkan. Semoga menjadi keberhasilan untuk kita bersama di Kota Padang tentunya," harapnya optimis.


Wako melanjutkan, di samping mengejar kesuksesan pada ajang Lomba Gerakan PKK Tingkat Sumbar 2022, ia juga berharap TP-PKK di tingkat Kota Padang hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan senantiasa berkomitmen dalam memberikan pelayanan dan kontribusi yang nyata bagi masyarakat Kota Padang.


"Intinya bagaimana TP-PKK bukan hadir untuk mengejar penilaian ini semata, tapi bagaimana PKK sesuai 10 program pokoknya selalu hadir di tengah masyarakat. Alhamdulillah sejauh ini kita merasakan cukup banyak kontribusi PKK bagi Kota Padang. khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19 dan dampaknya dalam dua tahun belakangan," cetus Wali Kota Hendri Septa mengapresiasi.


Lebih lanjut terkait lomba tersebut Wako Hendri optimis akan meningkatkan motivasi jajaran pemerintah beserta masyarakat untuk lebih giat mengintegrasikan pemikiran dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK di Kota Padang. 


"Sehingga dengan itu visi dari gerakan PKK dapat tercapai secara optimal yakni mewujudkan keluarga yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur serta sehat sejahtera lahir dan bathin," tukas orang satu di Kota Padang itu mengakhiri sambutan.

 

Sementara itu Ketua Tim Penilai Lomba Gerakan PKK Tingkat Sumbar Ny. Harneli Bahar mengatakan, penilaian tersebut sejatinya adalah bagian dari program kerja TP-PKK Sumbar untuk memantau, serta mengevaluasi sejauh mana capaian 10 program pokok PKK yang telah dilaksanakan di setiap TP-PKK tingkat kabupaten/kota hingga tingkat kecamatan dan kelurahan se-Sumbar.


Dijelaskannya, pada Lomba Gerakan PKK Tingkat Sumbar 2022 tersebut ada 5 (lima) jenis lomba yang akan dinilai. Pertama Penilaian Tertib Administrasi PKK, kedua Penilaian Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI) (Pokja I) dan ketiga Penilaian Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK (Pokja II). Kemudian yang keempat Penilaian Kawasan Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Aku Hatinya PKK) (Pokja III) dan kelima Penilaian Keluarga PKK Gagah Bencana (Pokja IV).


"Penilaian diawali dengan pertemuan umum, ekspos oleh Ketua TP-PKK Kelurahan Parupuk Tabing serta dilanjutkan kunjungan lapangan dan wawancara terhadap lima kategori penilaian gerakan PKK tersebut," jelas istri Gubernur Sumbar Mahyeldi itu.


Pada saat yang sama Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Putrinda menyebutkan, seiring terpilihnya TP-PKK Kelurahan Parupuk Tabing mewakili Kota Padang pada Lomba Gerakan PKK Tingkat Sumbar 2022 tersebut, dikarenakan mempunyai kelebihan dari TP-PKK kelurahan yang lain di Kota Padang khususnya terhadap lima kategori penilaian yang telah ditentukan.


"Kita dari TP-PKK Kota Padang insya Allah akan terus berupaya melaksanakan 10 program pokok PKK di tengah masyarakat. Sebagaimana sesuai visi gerakan PKK yaitu "Terwujudnya keluarga yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin."


Sementara tambahnya lagi, sesuai misinya, Gerakan PKK adalah meningkatkan pembentukan karakter keluarga melalui penghayatan, pengamalan Pancasila, kegotong royongan serta kesetaraan dan keadilan gender. Begitu juga meningkatkan pendidikan daan ekonomi keluarga melalui berbagai upaya keterampilan dan pengembangan koperasi.


"Selain itu juga meningkatkan ketahanan keluarga melalui pemenuhan pangan, sandang dan perumahan sehat dan layak huni serta meningkatkan derajat kesehatan keluarga. Selain itu pelestarian lingkungan hidup, perencanaan hidup sehat serta meningkatkan pengelolaan Gerakan PKK meliputi kegiatan pengorganisasian dan peningkatan sumber daya manusia (SDM)," paparnya.(Dv)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال