Melestarikan Budaya Luhur, Babinsa Koramil Klirong Bina Pencak Silat Setia Hati Terate

SHARE:

Kebumen, IMC - Guna menjaga dan melestarikan budaya luhur di kalangan anak-anak muda, Babinsa Koramil 15/Klirong, Kodim Kebumen, Serda ...



Kebumen, IMC - Guna menjaga dan melestarikan budaya luhur di kalangan anak-anak muda, Babinsa Koramil 15/Klirong, Kodim Kebumen, Serda Tajudin menghidupkan kembali seni beladiri pencak silat yang diberi nama perguruan “Setia Hati Terate” (SHT), kegiatan ini untuk mewadahi keinginan anak muda dalam menyalurkan bakat beladiri yang dimiliki mereka, kegiatan berlangsung  di SMA Negeri 1 Klirong, Kabupaten Kebumen, Sabtu (15/02/2020).

Disela-sela latihannya, Serda Tajudin mengatakan,”Selain sebagai ajang olahraga, seni beladiri pencak silat ini juga mengajarkan kita tentang etika, moral, sopan santun, saling menghormati sesama maupun pada orang tua dan orang lain. Kegiatan ini mampu menangkal aksi kenakalan remaja karena mereka disibukan oleh jadwal latihan.

Pencak Silat Setia Hati Terate ini, kata Tajudin, diberdayakan dengan turut menghidupkan kembali seni tari pencak silat sebagai budaya lokal yang harus terus dilestarikan. Alhamdulillah masyarakat sekitar sangat mendukung upaya ini.

Lanjut Tajudin, warga pun menyambut baik inisiatif Koramil 15/Klirong yang idenya datang dari Bati Tuud Pelda Bambang dalam menggalakkan kembali serta melestarikan budaya warisan leluhur bangsa berupa seni bela diri pencak silat. Hal lain yang nggak kalah pentingnya yakni mampu menjaga para generasi muda dari pengaruh-pengaruh negatif yang semakin komplek. (Sty)


Sumber:  Pendim Kebumen

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2