Bertahan di Hutan, Pramuka MTs Nururrohmah Dilatih Survival

SHARE:

Kebumen | Jateng, IMC - Babinsa Koramil 19/ Kuwarasan Serda Teguh Raharjo melaksanakan pembinaan rutin kepada Pramuka dari siswa-siswi M...


Kebumen | Jateng, IMC - Babinsa Koramil 19/ Kuwarasan Serda Teguh Raharjo melaksanakan pembinaan rutin kepada Pramuka dari siswa-siswi MTs Nururrohmah bertempat di lapangan Ponpes Al-Kamal desa Tambaksari Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen, Jum'at (21/02/2020).

Materi yang disajikan pada kali ini adalah praktek pembuatan tenda ( Bivak ) dan materi survival. Usai kegiatan secara teori disampaikan, para anggota Pramuka diajak untuk melaksanakan kegiatan Survival. Pada materi survival ini para anggota juga dikenalkan tentang tehnik jerat ayam / babi hutan serta diajak untuk lebih mengenal berbagai macam tumbuhan dan hewan yang bisa dimakan selama tidak menjumpai makanan pokok.

“Anggaplah kalian ini sedang tersesat di hutan belantara, saat itu kalian sedang dalam kondisi kehabisan bekal makanan, sehingga kalian harus memanfaatkan logistik alam yakni tumbuh-tumbuhan yang bisa dimakan, binatang atau hewan yang bisa dimakan dan tumbuhan lain yang bisa dinikmati selama kegiatan survival, “ ujar Serda Teguh Raharjo

Selain materi Survival, anak anak juga belajar mendirikan tenda / Bivak. Tujuan dua meteri ini disajikan adalah untuk menambah kemampuan para siswa sekaligus untuk menambah wawasan khususnya di Kepramukaan. Semangat dan antusias para anggota pramuka itu penuh harap pasalnya materi ini menjadi bekal dimasa depan. (Sty)


Sumber: Pendim Kebumen

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2