Babinsa Kalipurwo Dampingi Petani Lakukan Pengolahan Lahan Sawah

SHARE:

Kebumen, Jateng | IMC - Dalam rangka ikut serta dalam mewujudkan swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah, Babinsa aktif dalam ...


Kebumen, Jateng | IMC - Dalam rangka ikut serta dalam mewujudkan swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah, Babinsa aktif dalam kegiatan pertanian yang ada di Desa binaannya, Dari mulai rembug tani, penyiapan lahan, penyemaian, pemeliharaan saluran irigasi, tanam padi, penyemprotan, panen hingga pasca panen.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Desa Kalipurwo Koramil 19/ Kuwarasan, Kodim 0709/Kebumen, Serda Jumadi, dengan melaksanakan pendampingan penyiapan lahan milik bpk Sudarman warga RT. 02 / RW. 2 Desa Kalipurwo Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen, Selasa (04/02/2020)

Serda Jumadi menyampaikan, keterlibatan Babinsa dalam pendampingan pertanian adalah untuk membantu dan memotivasi serta memberikan semangat kepada para petani agar lebih giat dalam mengolah sawah mereka. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pengolahan lahan untuk persiapan tanam padi pada awal bulan Februari, yang akan di laksanakan setelah pengolahan dan penyiapan lahan sawah tersebut selesai.

Lebih lanjut Babinsa menjelaskan, dengan pengolahan lahan menggunakan Traktor ini para petani akan lebih mudah merawat tanamannya serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, karena dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur sehingga akan menyuburkan tanah yang akan ditanami.

Harapannya dengan pengolahan lahan menggunakan Traktor ini kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional, terang Babinsa.

Ditempat terpisah Danramil 19/ Kuwarasan Kapten Arh Siswoto Nurharjo menyampaikan bahwa, apa yang di lakukan Babinsa di desa binaannya terhadap petani merupakan tugas pengawalan dan pendampingan Babinsa guna meningkatkan program swasembada pangan. (Sty)


Sumber :  Pendim Kebumen

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2