Diklat Bahasa Inggris Hukum Untuk Calon Jaksa

Jakarta,IMC-Seiring kemajuan zaman,dan memasuki industry 4.0 hadirnya teknologi informasi menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap instansi atau lembaga pemerintah bahkan individu.

Melihat fenomena ini,Badan Pendidikan dan Pelatihan ( Badiklat ) Kejaksaan RI sebagai unsure penunjang tugas dan wewenang Kejaksaan di bidang Pendidikan dan Pelatihan telah berusaha keras melaksnakan tugas dan pokonya.

Kerja keras tersebut selain menyelenggarakan Diklat Teknis,Fungsional dan penjenjangan,Badiklat juga menggandeng Regional English Language Office (RELO) United States Embassy Jakarta untuk peningkatan Sumber daya Manusia Kejaksaan di bidang Bahasa Inggris Hukum untuk calon Jaksa.

Kaban Diklat Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi menerima tamu dari RELO Bradley Horn dan Kim Penland beserta rombongan di ruang rapat gedung Wira Badiklat Kejaksaan RI,Rabu ( 15/5/19 ), Kaban Diklat di damping Kapusdiklat Teknis dan Fungsional Rudi Prabowo,Kabid Program,Kasubid Akademis,Kasubid Penilaian,kasubid Diklat Sentra,Kasubid Sunproglap dan Kasubag Perlengkapan dan Dokumentasi mengatakan,Diklat Bahasa Inggris Hukum untuk calon Jaksa ini rencananya pada bulan Juni 2019 akan segera di mulai.
“ Dan rencana kalo tidak salah pada bulan juni kita ada sekitar kurang lebih 100 ( seratus ) orang calon Jaksa,” ujar Untung disela rapat dengan RELO.

Untung menjelaskan kerjasama ini kedepan akan dapat di tinjaklanjuti lebih optimal sehingga para Jaksa nantinya bisa menguasai bahasa inggris setidaknya memahami.
Dalam kesempatan ini  Kaban Diklat juga memperkenalkan para pejabat strukturainya kepada Pejabat Relo dan paparan tentang Tupoksi Badiklat serta keberhasilan perkembangan Badiklat seperti aplikasi yang terhubung dengan webssite Badiklat Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Adapun materi Diklat Bahasa Inggris Hukum untuk calon Jaksa antar lain,pendahuluan jaksa dan perannya dalam system hokum di berbagai Negara,Dasar-dasar hokum pidana,Peran lainnya dalam system hokum pidana,Sistem pengadilan,Praperadilan pidana,Praperadilan pidana ( Lanjutan ),Proses persidangan,Pembuktian dan pencarian bukti,Pembuktian dan pencarian bukti ( lanjutan ) soff skil dalam persidangan,Proses Persidangan ( Lanjutan ) Hak-hak dan Pembelaan, Hak-hak dan Pembelaan ( lanjutan )Penetapan hukuman dan Upaya banding.

Para pengajar Bahasa Inggris Hukum akan di datangkan dari berbgai Negara antara lain,dari Amerika,Inggris,Asutralia dan sejumlah Negara lainnya.

 “Bahasa inggris hukum untuk jaksa itu langka,materinya di buat dari berbagai penegak hukum internasional,” ujar Andrian yang hadir bersama Relo yang dipercaya sebagai penterjemah materi dari bahasa inggris kedalam bahasa Indonesia serta memberikan dukungan implementasi materi Diklat bahasa inggris hokum untuk calon Jaksa. ( Muzer )

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال