Aksi Seorang Babinsa Kelurahan Tambakreja Bersama Warga Turun ke Sungai Bersihkan Sampah

Cilacap | Jateng, IMC - Sungai Blader yang melintasi wilayah Kelurahan Tambakreja Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap kondisinya penuh dengan sampah hal ini mengakibatkan aliran air menjadi tidak lancar saat air laut rob.

Apalagi mendekati musim hujan seperti sekarang ini, sungai yang seyogyanya bisa menjadi tempat pembuangan kelebihan air justru sebaliknya nantinya malah air meluap ke permukiman warga di sekitarnya.

Hal ini menjadi perhatian Babinsa Kelurahan Tambakreja Serma Purtanto yang saat itu melaksanakan pengecekan ke sungai Blader wilayah Kelurahan Tambakreja, dalam pengecekan Babinsa langsung didampingi warga setempat, dikatakan, bahwa “ Masyarakat Kelurahan Tambakreja sangat mengharapkan adanya kegiatan pembersihan, baik dari kami maupun dari bapak TNI, “ ungkapnya, Sabtu (03/11).

Sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan saat ini, Babinsa Tambakreja, Koramil 01/Kota Cilacap, Serma Puryanto  memberikan solusi dilaksanakannya kegiatan karya bakti pembersihan sungai yang banyak terdapat tumpukan sampah.

Menindaklanjuti hal tersebut, Babinsa bersama warga kelurahan Tambakreja melaksanakan pembersihan sungai dengan alat seadanya, secara bergotong royong bahu membahu bersama warga mengangkat sampah dan mengumpulkannya di tepian sungai untuk kemudian dibuang.

Pada kesempatannya, Babinsa  menghimbau kepada warga masyarakat, “agar selalu waspada apabila turun hujan, karena wilayah Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan merupakan dataran rendah  yang rawan terhadap terjadinya banjir, karena sungai sewaktu-waktu bisa meluap," terang Serma Puryanto.

lanjut Babinsa, disampaikan pula agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai, karena dampaknya akan menumpuk yang bisa mengakibatkan aliran sungai tersumbat dan menjadi tidak lancar sehingga air sungai bisa meluap dan mengenangi pemukiman warga," tandasnya. (Sutaryo)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال