Serda Harih Suwargi : Ruwat Bumi Merupakan Warisan Budaya Leluhur


Cilacap | Jateng, IMC - Serda Harih Suwargi Babinsa Koramil 15/Karangpucung hadiri acara Ruwat Bumi berlangsung di Dusun Surian Desa Karangpucung, Kabupaten Cilacap.

Dalam rilis Babinsa Koramil Karangpucung Serda Harih Suwargi mengatakan, "acara Ruwat Bumi merupakan warisan budaya leluhur yang dilaksanakan secara turun temurun oleh warga setempat sebagai bentuk rasa syukur yang digelar setiap bulan Muharram," kata Serda Harih, Kamis (13/09).

Tampak hadir dalam acara tersebut Plh. Camat Karangpucung Buddy Haryanto, S. Sos. MM., Kapolsek Karangpucung yang diwakili wakapolsek Iptu Tofik, Sekcam Karangpucung Asep Kuncoro, S.STP. MM., Kepala Desa Karangpucung Diana Heri Utama beserta perangkatnya, BPD Karangpucung dan ratusan warga dusun Surian dan sekitarnya.

Acara Ruwat Bumi digelar dengan menampilkan pertunjukkan wayang kulit oleh Ki Dalang Sutarman dari Karangpucung.
Dalam sambutannya Plt Camat Karangpucung Buddy Haryanto, S. Sos. MM sangat mengapresiasi terhadap warga dusun Suryan yang telah menjaga kebudayaan leluhur kita dengan menyelenggarakan Ruwat Bumi dengan menayangkan acara wayang kulit.

Buddy Haryanto berharap, "agar pertunjukkan wayang kulit tidak di tonton oleh kaum sepuh saja, pemuda Desa Karangpucung harus juga suka pada kebudayaan bangsa kita yaitu wayang kulit." Ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia juga menyampaikan pesan supaya warga semua menjaga ketertiban keamanan terkait akan dilaksanakannya Pilkades di beberapa desa termasuk Karangpucung pada bulan November mendatang agar situasi di wilayah Kecamatan Karangpucung khususnya desa Karangpucung tetap aman dan kondusif. (Sty)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال