Guna Pertahanan Darat, Kodim 0703/Cilacap Selenggarakan Kegiatan Tata Ruang Diwilayahnya




Cilacap | Jateng, IMC - Guna menjamin terlaksananya kegiatan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat TA 2018. Kodim 0703/Cilacap sebagai Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil), telah melaksanakan kegiatan  Pembinaan Tata Ruang Pertahanan Darat diwilayahnya sekaligus Sosialisasi Umum Tata Ruang wilayah Kabupaten Cilacap. TA 2011 - 2031. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Satya Kartika Kodim 0703/Cilacap, Selasa (18/9).

Kegiatan itu penting dilaksanakan guna memberikan gambaran dan pedoman dalam melaksanakan kegiatan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat pada triwulan III TA 2018 di wilayah Kodim 0703/Cilacap sehingga dapat berjalan dengan tertib, aman, lancar serta mencapai hasil yang optimal.

Dandim 0703/Cilacap melalui Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian membuka langsung kegiatan tersebut. Kegiatan itu dihadiri oleh Hamzah Syafroeddin, ST. MM dari Dinas BPUR Kabupaten Cilacap, Pasiter Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Marjono, para Danramil Jajaran Kodim 0703/Cilacap serta perwakilan dua Babinsa dari masing masing Koramil.

Dalam sambutannya Kasdim menyampaikan bahwa Kodim sebagai Satuan Komando Kewilayahan, seyogyanya dapat memberdayakan sumber daya yang ada sehingga dapat di mobilisasi untuk menghadapi setiap ancaman dan gangguan dalam mewujudkan pertahanan semesta terhadap keutuhan bangsa dan negara demi tegaknya NKRI. " Kegiatan tata ruang ini sebagai salah satu upaya pendayagunaan wilayah dengan cara mempersiapkan wilayah dan mengatur sedini mungkin sehingga apabila dibutuhkan, kondisi wilayah siap mendukung penyelenggaraan pertahanan negara," kata Kasdim

Menurut Kasdim, pelaksanaan kegiatan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat bisa di mulai melalui pembinaan RT/RW, Pemerintah Daerah sehingga tumbuh sinergitas RT RW wilayah pertahanan wilayah rangka mewujudkan keserasian, keselarasan dan keterpaduan dalam pembangunan kepentingan kesejahteraan serta pertahanan negara. " Dari unsur terbawah dulu pembinaan itu dimulai," ujarnya

Pada kegiatan itu, disampaikan beberapa materi diantaranya dari Hamzah Syafroeddin, ST. MM dari Dinas BPUR Kab Cilacap yang meliputi strategi penataan ruang, rencana struktur ruang wilayah, sistem jaringan prasarana wilayah Kabupaten Cilacap, rencana pola ruang, kawasan strategis Kabupaten  Cilacap, arahan pengendalian ruang, Isu strategis, sistem perkotaan, peta struktur ruang, peta pola ruang serta persandingan spasial (Peta rencana eksisting peruntukan ruang dan peta rencana pola ruang RT/RW baru).

Sementara itu dari Pasiter Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Marjono juga menyampaikan materi tentang skema  penyusunan RT/RW, kondisi wilayah Kodim 0703/Cilacap, Tugas dan Fungsi Kodim, Konsep Pertahanan Kodim 0703/Cilacap, Peta Dislokasi, Obyek Vital serta beberapa daerah rawan bencana alam yang ada di wilayah Kodim 0703/Cilacap. (Urip/Sty)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال