Babinsa Koramil 01/Kota Cilacap Ikuti Musyawarah Program Penanggulangan Fakir Miskin




Cilacap | Jateng, IMC - Babinsa Kelurahan Sidakaya Kecamatan Cilacap Selatan Koramil 01/Cilacap Serka Ali Nurhadi ikuti   musyawarah tingkat Kelurahan tentang Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu Program Penanggulangan Fakir Miskin (BDT-P2FM) tahun 2018 di Balai Pertemuan Mbatan Kelurahan Sidakaya, Kecamatan Cilacap Selatan, Senin (24/9) malam.

Selaku narasumber, Gatot Arif, SSTP ,M.si dari Dinas Sosial Kabupaten Cilacap mengingatkan kepala daerah sebagai tim kordinator penanggulangan kemiskinan daerah dan kepala dinas sosial di seluruh Indonesia agar berperan aktif dalam memutakhirkan dan memadankan data terpadu kemiskinan," ujar Gatot.

Menurut dia, Kementerian Sosial sudah memberikan  Sistem Informasi dan Konfirmasi Data Sosial Terpadu. Di dalamnya terdapat data kemiskinan di masing-masing daerah agar proses pemutakhiran data dapat lebih cepat, mudah dan murah tetapi validitasnya terjaga," katanya.

Hal ini disampaikan Gatot di hadapan 40 orang yang terdiri dari Lurah Sidakaya, Babinsa Koramil 01/Kota Cilacap, Ketua RW, RT dan Linmas.

Gatot berharap, "ke depan Lurah  dapat merespon secara cepat sehingga percepatan integrasi data berbagai perlindungan sosial bisa terwujud," terangnya.

Sesuai amanat Undang-undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin, Kementerian Sosial dimandatkan untuk melakukan verifikasi dan validasi data setiap dua tahun sekali.

Sehingga sinergitas, komplementaritas dan keterpaduan pelaksanaan program penanganan fakir miskin dapat terwujud untuk optimalisasi dan percepatan penurunan kemiskinan dan kesenjangan sosial.

Pada kesempatannya, Babinsa Sidakaya, Serka Ali Nurhadi menyampaikan,  terintegrasikannya data kemiskinan sangat penting agar program perlindungan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat betul-betul komprehensif dan menyeluruh.

"Apalagi saat ini pemerintah berupaya semakin banyak program yang diintergrasikan melalui satu kartu yakni Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dengan sistem penyaluran non tunai. Hal ini memerlukan data yang terverifikasi dan valid agar bantuan yang diberikan tepat sasaran," tandas Serka Ali. (Sty)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال