Puluhan Warung di Wisata Pantai Sodong Rusak Terseret Ombak Besar



Cilacap | Jateng, IMC - Diterjang air gelombang tinggi perairan laut Selatan, kawasan wisata Pantai Sodong Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap rusak parah, Kamis (19/07).

Puluhan warung ditepi pantai ambruk dan rusak parah disapu ombak, termasuk fasilitas wisata pantai seperti bangku dan tempat teduh yang biasanya digunakan pengunjung di tepi pantai.

Pohon peneduh di sepanjang pantai juga ikut tumbang, akibat terjangan gelombang air laut Selatan yang mencapai ketinggian hingga 1,5 meter, dan menyeret fasilitas wisata hingga ratusan meter ke daratan.

Para pemilik warung pun mau tidak mau harus memperbaiki warung dan menyingkirkan sampah dan pohon yang tumbang. Menurut Danramil 08/Adipala, Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf Tukimin dalam rilisnya mengungkapkan, ombak besar dan angin cukup kencang menerjang pantai Sodong hingga memporak porandakan sekitar 40 warung dan menumbangkan sejumlah pohon peneduh dan tempat duduk yang ada di tepi pantai.

Tentu saja, kondisi ini membuat masyarakat yang ingin berwisata di tempat itu harus bersabar, menunggu kondisi ombak besar normal kembali.

"Namun karena ombak pantai sangat besar, warung terseret hingga 100 meter ke daratan. Tidak  hanya warung dan pohon sejumlah fasilitas umum seperti bangku pengunjung yang ada di tepi pantai ikut rusak. Serta sejumlah vasilitas lainnya juga ikut rusak diterjang kerasnya ombak," bebernya.

Tingginya gelombang diakui pemilik warung tidak seperti biasanya, ketinggiannya bahkan mencapai 2 meter lebih. "Warung yang dekat dengan pantai rusak, air laut juga menggenangi di sekitar obyek wisata pantai Sodong ini," ujar warga setempat.

Melihat kondisi tersebut, diperkirakan ombak besar ini akan terjadi hingga sepekan mendatang, pihak pengelola kawasan obyek wisata pantai Sodong ini juga sudah memperingatkan para pengunjung agar tidak berenang hingga ke tengah laut. (Sty)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال