Poktan "Setyo Ngudi Mulyo", Pendampingan Swasembada Pangan Agar Dilakukan Terus Oleh Babinsa



Cilacap | Jateng, IMC - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15/Karangpucung, Kodim 0703/Cilacap bersinergi  melakukan  pendampingan panen padi milik Kelompok Tani (Poktan) "Setyo Ngudi Mulyo", bertempat di Desa Sindangbarang, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap,  Kamis (05/07).

Babinsa Sindangbarang Pelda Endra Gunawan dan anggota Babinsa yang lain tampak semangat dan bersinergi bersama PPL Kecamatan Karangpucung serta para petani saat memanen padi jenis Cilamaya Muncul di areal sawah seluas 30 Hektare itu.

“Saya tak mengenal lelah walaupun berjibaku dengan lumpur dan gatal-gatal di badan, karena tugas saya sebagai Babinsa harus selalu siap sedia mendukung swasembada pangan, apalagi dalam kegiatan panen padi seperti ini,” ungkap Pelda Endra Gunawan.

Komandan Koramil 15/Karangpucung Kapten Inf Yusuf Subagyo membenarkan, bahwa dalam menyukseskan program swasembada pangan ini, Angkatan Darat telah memerintahkan para Babinsa terjun ke sawah dan berkordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas di lapangan, sehingga dapat berjalan dengan lancar khususnya progam pertanian ini.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Setyo Ngudi Karyo, Kuntari  menyampaikan, bahwa dirinya dan masyarakat sangat senang dengan adanya Babinsa yang terjun langsung membantu para petani untuk memberikan penyuluhan, bimbingan bertani pengolahan lahan hingga pasca panen.

"Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa, hasil panen tahun ini mencapai 8,3 ton per hektare, ini cukup bagus, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat”, terang  Kuntari.

Ia berharap, agar pendampingan ini bisa terus dilakukan oleh Babinsa, sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasemabada pangan secara nasional dan  warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan. (Sutaryo)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال