Kasdim 0713/Brebes Bacakan Amanat Panglima TNI Pada Upacara 17-an Bulan Juli 2018

Brebes l Jateng, IMC - Kasdim 0713/Brebes Mayor Inf Arif Suhartono, SPd membacakan amanat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.IP. pada upacara 17-an bulan Juli tahun 2018, diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Kodim 0713/Brebes yang bertempat dilapangan upacara Makodim 0713/Brebes Jl. jenderalSudirman No. 107 Brebes, Selasa (17/07/2018).


Dalam amanat tertulisnya Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, S.IP. yang dibacakan Kasdim Kasdim 0713/Brebes Mayor Inf Arif Suhartono, SPd, mengatakan, Memasuki bulan Juli 2018, berarti kita telah menyelesaikan program dan anggaran Semester I. Selanjutnya kita memulai program dan anggaran Semester II tahun 2018. Saya ucapkan terima kasih atas terlaksananya program kerja dan anggaran Semester I. Saya perintahkan setiap Kepala Satuan Kerja (Kasatker) untuk mengevaluasi kinerja yang sudah dicapai dihadapkan kepada perencanaan strategis (Renstra) yang telah dibuat oleh masing-masing Satker. Pelaksanaan program selanjutnya harus lebih baik lagi, optimal, efektif dan efisien.

Kita semua patut bersyukur bahwa agenda politik nasional berupa Pilkada secara serentak di 171 wilayah di Indonesia, yang tersebar di 17 Provinsi, 39 Kota dan 115 Kabupaten telah berjalan dengan tertib dan aman, tanpa ada gejolak kericuhan yang berarti. Hal ini menjadi momentum yang sangat baik dalam berdemokrasi di negara kita sekaligus menunjukkan bahwa masyarakat kita sudah semakin dewasa dalam menerima berbagai perbedaan dalam menyalurkan aspirasinya. Kelancaran pelaksanaan Pilkada tersebut tentu juga tidak terlepas dari peran serta para Prajurit dan PNS TNI sekalian. Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras saudarasaudara sekalian yang telah ikut bekerja menjaga kelancaran setiap proses pentahapan pilkada.

 Meskipun secara individu prajurit TNI tidak melaksanakan hak pilih, namun itu tidak menjadi halangan untuk senantiasa menjaga dan mengawal pelaksanaan pesta demokrasi ini sehingga dapat berjalan sukses dan lancar. Saya juga mengucapkan terima kasih atas komitmen netralitas yang telah ditunjukkan prajurit TNI, dimana netralitas tersebut menjadi salah satu kunci pesta demokrasi yang berlangsung dengan damai. Disamping pelaksanaan Pilkada serentak yang lalu, program nasional yang perlu menjadi perhatian TNI selanjutnya adalah perhelatan akbar Asian Games ke18, yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus s.d. 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

Asian Games ini mempunyai nilai yang sangat strategis sebagai ajang penting untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia, sekaligus sebagai national branding Indonesia di panggung internasional. Untuk itu saya perintahkan kepada segenap Prajurit dan PNS TNI untuk turut serta mendukung dan mensukseskan jalannya perhelatan akbar yang berskala internasional ini, dengan membantu mempromosikan kepada seluruh komponen bangsa dan masyarakat pada umumnya, sesuai ajakan Bapak Presiden Joko Widodo.

Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, telah muncul kelompok baru yaitu “Cyber Narcoterorism”. Kelompok ini menggunakan dunia maya sebagai wahana untuk mengedarkan dan menyalahgunakan Narkotika yang hasilnya digunakan untuk membiayai kegiatan terorisme.

Kejahatan lintas negara ini akan menjadi ancaman serius dan sangat berbahaya bagi bangsa Indonesia. Kelompok “Cyber Narcoterorism” menggunakan beragam situs terkemuka seperti youtube, twitter dan facebook untuk tujuan merebut pangsa pasar, penyebaran pemikiran, dorongan, perekrutan dan berbagai informasi. Hal ini menjadi sebuah cara yang paling efektif dalam melakukan aksi yang diinginkannya. Kita harus mewaspadai dan mengantisipasi serta mencegah secara dini “Cyber Narcoterorism” yang menjadi musuh bersama bangsa Indonesia saat ini, bahkan menjadi musuh bangsa-bangsa di dunia.

Oleh sebab itu, pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI dimanapun berada, yang telah melaksanakan tugas dengan baik, penuh rasa tanggung jawab dan penuh dedikasi.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Panglima TNI menyampaikan beberapa atensi dan harapan antara lain, para prajurit dan PNS harus senantiasa meningkatkan keiman dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral, etika dan kepribadian dalam rangka mengemban tugas sebagai Prajurit dan PNS TNI, serta sebagai warga dalam kehidupan bermasyarakat, mengamalkan “Delapan Wajib TNI”, hormati “kearifan lokal”, dan memantapkan “kemanunggalan” TNI-Rakyat di atas semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu juga, menjaga dan meningkatkan soiliditas, solidaritas Prajurit dan PNS TNI, baik internal satuan maupun antar Angkatan sebagai pondasi terwujudnya soliditas dan solidaritas nasional, setiap komandan satuan agar meningkatkan pembinaan satuan dengan mengedepankan “kepemimpinan lapangan” yang penuh simpati, keteladanan dan pengayoman terhadap anak buah. Dan membudayakan tradisi belajar dan berlatih secara terencana serta mandiri, guna meningkatkan kualitas, kapasitas, dan 12 wawasan, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, sesuai bidang tugas masing-masing, sejalan dengan perkembangan tuntutan tugas.

Akhirnya, marilah kita selalu berserah diri seraya memanjatkan doa, Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita sekalian, dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, TNI, bangsa dan negara yang kita banggakan bersama. (Pendim0713/Brebes).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال