Jelang Lebaran, Wilayah Brebes Bebas Dari Peredaran Miras Dan Petasan

Brebes | Jateng, IMC -  Dalam rangka pengamanan memperingati Hari Raya Idul Fitri 1439 H tahun 2018, Dandim 0713/Brebes yang diwakilkan Pasiops Kodim 0713/Brebes Kapten Inf Wajirin menghadiri Apel gelar pasukan Operasi Candi 2018 dengan tema "Kita Tingkatkan Sinergitas Polri dan Instandi terkait dalam rangka Memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1439 H" yang akan berlangsung dari tanggal 7 sampai dengan 24 Juni 2018 yang dipimpin langsung oleh Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto, SH, SIK, MSi, di halaman apel Mapolres Brebes. Rabu (6/6/18) pagi.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 600 personel dan dihadiri oleh Bupati Brebes Hj Idza Prianti, SE, MH, Kajari Brebes diwakili oleh Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Brebes Agung,  SH, MH, Dansubdenpom Brebes Kapten Cpm  Warsito, Kadis Kesehatan Kab. Brebes  dr.  Sri Gunardi, Kasatpolpp Kab. Brebes Drs Budi Darmawan, Msi, PMI Kab. Brebes, Banser, Senkom, Pramuka.

Upacara diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Kapolres Brebes dan dilanjutkan dengan pemasangan pita tanda operasi dimulai pada perwakilan personel.

Pada amanat Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang dibacakan oleh Kapolres Brebes AKBP Sugiarto, SH, SIK, MSi yang berisi tujuan dari Operasi Ketupat Candi 2018 yaitu guna memberikan rasa aman dan nyamam pada perayaan Idul Fitri 1439 H. Menurut Kapolri dalam amanatnya, Operasi Ketupat Candi 2018 ini sebagai salah satu operasi kepolisian terpusat dan diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polda. Operasi ini melibatkan sebanyak 173.397 personel pengamanan gabungan yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Pemda, serta stakeholders terkait dan elemen masyarakat lainnya.

Usai gelar pasukan, dilanjutkan dengan pemusnahan miras hasil Operasi Cipta Kondisi 2018 yang digencarkan Polres Brebes dan Jajarannya selama menjelang bulan puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kapolres Brebes AKBP Sugiarto dikesempatanya mengatakan, miras dan petasan yang diamankan serta dimusnahkan itu merupakan hasil razia di seluruh jajaran Polsek di wilayah hukum Polres Brebes.

“Razia itu digelar sejak menjelang dan saat bulan Ramadan. Sehingga diharapkan, pada Ramadan dan Lebaran nanti di wilayah Brebes benar-benar bebas dari peredaran miras dan petasan,” jelas Kapolres.

Menurut Kapolres, pada operasi Ketupat Candi tahun 2018 ini, ada ribuan personel gabungan yang diterjunkan untuk pengamanan. Personel itu terdiri dari Polres Brebes sekitar 2/3 kekuatan atau sebanyak 450 orang.

Kemudian, mendapat bantuan personel BKO dari Brimob Polda Jateng sebanyak 40 personel. Selain itu, bantuan personel dari Sekolah Pendidikan Perwira sebanyak 200 personel dan sisanya dari TNI, Dishub, Linmas serta instansi terkait.

“Hari ini mulai kami terjunkan. Mereka nantinya disebar di titik-titik rawan terjadi kemacetan,” pungkasnya. (Pendim 0713/Brebes).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال