Dandim Brebes Tutup TMMD Sengkuyung I TA. 2018 Desa Galuhtimur

Brebes | Jateng, IMCSecara simbolis TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0713 Brebes Tahun 2018 di wilayah Kabupaten Brebes, dengan sasaran Desa Galuhtimur Kecamatan Tonjong, ditutup secara simbolis oleh Dandim 0713 Brebes, Letkol Inf. Ahmad Hadi Hariono, dengan membacakan amanat dari Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Mulyono, di Lapangan Sepakbola Garuda, Desa Galuh Timur Kecamatan Tonjong. Kamis (3/5/18).
Kasad Selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD menyampaikan bahwa, “TMMD tahun ini mengambil tema “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa", TMMD tidak hanya menghasilkan output berupa fisik semata, namun juga mampu membangun karakter bangsa, khususnya generasi mudanya. "Hal ini penting, karena output tersebut akan mendorong outcome yang sangat berharga yaitu generasi muda yang kompetitif dan kemandirian bangsa", jelasnya.
Ditengah badai krisis global dan epidemi virus kebangsaan, kita dituntut untuk lebih mampu memelihara dan mengembangkan segenap potensi Bangsa, baik Sumber Kekayaan Nasional, SDM maupun yang lainnya. Oleh karenanya, demi mewujudkan bangsa yang mandiri dan sejahtera dalam kerangka NKRI, maka berbagai hal positif yang telah dilakukan selama ini, harus terus dilanjutkan bahkan dikembangkan.
Meski secara ekonomi global dapat dikategorikan baik, hingga kini kita belum dapat membebaskan diri dari kemiskinan dan kesenjangan. Bahkan, tanpa disadari, ditengah kebanggaan sebagai negara yang sangat demokratis, justru Indonesia tengah mengalami kerentanan konflik dengan menguatnya politik identitas dan meluasnya berita hoax dan ujaran kebencian yang berbau SARA. Tentu, kita tidak boleh menafikan situasi ini, apalagi dalam waktu dekat kita akan menyambut pesta demokrasi, sebagai perhelatan aspirasi rakyat, Pilkada Serentak 2018 seharusnya dapat digunakan sebaik-baiknya untuk memilih pemimpin yang transformatif serta memiliki komitmen dan integritas yang kuat.
Jangan menjadikan momentum pesta demokrasi ini hanya untuk memenuhi hasrat politik pribadi atau golongan, yang justru malah dapat memecah persatuan dan kesatuan Bangsa. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saya ingin mengajak seluruh komponen Bangsa agar berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional dengan memanfaatkan pesta demokrasi ini secara bijak dan bertanggungjawab. Memilih adalah hak setiap orang, namun yang paling utama, menjalankan kewajiban dan menghargai berbagai pilihan secara bertanggungjawab, demi rakyat dan bangsa Indonesia.
Anggaran dan Sasaran TMMD. Sasaran TMMD Tahun 2018, adalah 50 wilayah, untuk dukungan anggaran total dari Pemda mencapai 86,935 Milyar. 272 sasaran fisik telah dituntaskan, diantaranya pembangunan sarana transportasi dan rehabilitasi jalan, pembuatan dan perbaikan sarana irigasi dan sanitasi, rumah ibadah, tempat tinggal dan sekolah, serta berbagai pusat kegiatan masyarakat lainnya.
Non fisik TMMD, melalui kegiatan sosialisasi dan pembekalan wawasan kebangsaan, kewaspadaan nasional, kecintaan tanah air, penangkalan penyalahgunaan Narkoba dan penyebaran paham radikal serta berbagai kegiatan lainnya.
Permintaan maaf, pesan dan ucapan terimakasih Kasad.
Selanjutnya Kasad, menyampaikan permohonan maaf jika selama kegiatan ini terdapat sikap dan perilaku anggota Satgas yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Selaku memelihara semangat kebersamaan, persatuan, toleransi atas perbedaan dan budaya gotong royong, serta kepercayaan diri dalam kehidupan sehari-hari. Saya juga minta agar fasilitas dan Sarpras yang telah dibangun ini senantiasa dijaga dan dipelihara agar dapat bermanfaat dalam kurun waktu yang cukup lama bagi masyarakat.
“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemda dan Kemendikbud RI, serta berbagai pihak lainnya, yang telah mendukung terlaksananya program TMMD Reguler 101 dan Sengkuyung Tahap I, secara totalitas serta kepada seluruh komponen masyarakat yang ikut bergotong royong bahu membahu guna menyelesaikan seluruh pekerjaan secara maksimal, termasuk kepada warga masyarakat yang telah menyambut dan menerima anggota Satgas untuk tinggal bersama layaknya keluarga sendiri” Pungkas Jenderal TNI Mulyono.
Diketahui bahwa TMMD Tahun 2018 dilaksanakan serentak di 50 wilayah di seluruh Indonesia. “Semoga tekad dan itikad yang dilandasi semangat pengabdian yang tulus dan ikhlas selama pelaksanaan TMMD ini, dapat terganjar dengan kebahagiaan masyarakat yang ada di sekitar kita” imbuh Kasad.
Setelah menyampaikan amanat Kasad, Dandim 0713 Brebes melaksanakan pemukulan kentongan yang didampingi jajaran Forkopimda Kabupaten Brebes serta segenap peserta upacara maupun masyarakat. (Pendim0713/Brebes).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال