Peringati Hari Jadi Kabupaten Madiun, Bupati, Dandim dan Forkopimda Ziarah Makam Mantan Bupati

Madiun, (pewarta) – Dalam rangka peringatan Hari Jadi ke 449 Tahun 2017 Kabupaten Madiun, Pemkab. Madiun menyelenggaran kegiatan Ziarah ke makam mantan Bupati Madiun di Komplek Makam Bupati Madiun di makam Kuncen Kecamatan Taman Kota Madiun, Makam Kuncen Mejayan – Caruban Kabupaten Madiun dan Makam Taman Kota Madiun serta Makam Gunung Bancak/Giripurno Kecamatan Kawedanan Kab. Magetan, Rabu (5/7/2017).
Untuk kelancaran pelaksanaan ziarah, rombongan dibagi menjadi 2 tim. Tim pertama  dipimpin langsung oleh Bupati Madiun dengan diikuti oleh Wakil Bupati Madiun, Ketua DPRD, anggota Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala OPD, Dirt. BUMD, dan Camat se Kab. Madiun. Selanjutnya rombongan kedua dipimpin oleh Sekda Madiun dengan diikuti oleh Asisten dan juga sejumlah Kepala OPD menuju ke makam Giripurno (Gunung Bancak).

 
Bupati Madiun, H. Muhtarom, S.Sos menjelaskan, bahwa kegiatan ziarah adalah merupakan agenda rutin tahunan Pemkab. Madiun setiap memperingati Hari Jadi Kabupaten Madiun yang jatuh pada 18 Juli. Adapun tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah untuk mendo’a kan yang disarehan (dimakamkan) di sini, semoga amal dan ibadahnya diterima oleh Allah, SWT dan diampuni segala dosanya. Diceritakan pula, bahwa Adipati Ronggo Jumeno, merupakan Bupati Madiun yang pertama dan memerintah pada tahun 1568 – 1586 Masehi. Sosok Adipati Ronggo Jumeno dikenal sebagai tokoh ‘pemberontak’ kepada Raja Mataram (Panembahan Senopati). Perselisihan antara Madiun dengan Mataram, reda setelah putri Adipati Ronggo Jumeno, yakni Retno Dumilah, disunting oleh raja Mataram.
Sedangkan Retno Dumilah dimakamkan di Komlek Makam Raja – raja Yogjakarta di Kota Gede. Setelah selesai melaksanakan ziarah di makam Adipati Ronggo Jumeno, kemudian rombongan Bupati Madiun melanjutkan ziarah kemakam kuno Desa Kuncen Kecamatan Mejayan – Caruban Kab. Madiun. Sedangkan makam terakhir yang diziarahi yakni makam Taman di Kelurahan Taman Kecamatan Taman Kota Madiun yang juga terdapat makam para leluhur yang pernah memerintah di Kabupaten Madiun.(mc0803/sat)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال