Sosialisasi Pemicuan Program ODF

pewarta-madiun. Kediri – Program Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari lingkungan yang sehat dalam rumah tangga terus dilakukan,  dan salah satunya adalah pemicuan program ODF.  Sosialisasi berlangsung di balai desa karanganyar, dan dihadiri Danramil Wates, Kapten Arh Sadino bersama Camat Wates, Ngaseri serta Iis Munarsih dari Puskesmas Sidomulyo, selasa (14/02/2017)
Iis Munarsih menjelaskan, bahwa perilaku buang air besar sembarangan termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat, seperti membuang kotoran atau tinja di ladang, hutan, semak – semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air. Bahan buangan atau tinja yang dikeluarkan dari tubuh manusia melalui anus sebagai sisa dari proses pencernaan makanan di sepanjang sistem saluran pencernaan, dan alam aspek kesehatan masyarakat, berbagai jenis kotoran manusia yang diutamakan adalah tinja dan urin karena kedua bahan buangan ini dapat menjadi sumber penyebab timbulnya penyakit saluran pencernaan.
Lanjutnya, Kementerian Kesehatan telah menetapkan syarat dalam membuat jamban sehat, antara lain, tidak mencemari air, saat menggali tanah untuk lubang kotoran, usahakan agar dasar lubang kotoran tidak mencapai permukaan air tanah maksimum, tidak mencemari tanah permukaan, tidak buang besar di sembarang tempat, seperti kebun, pekarangan, dekat sungai, dekat mata air, atau pinggir jalan.
Kapten Arh Sadino menjelaskan,  bahwa Kodim 0809/Kediri juga melakukan program yang serupa, dengan merealisasikan program jambanisasi yang mengedepankan keluarga tidak mampu,  dan data tersebut bersumber dari ketua RT,  RW serta perangkat desa,  yang dikomunikasikan babinsa yang ada di tiap-tiap desa. Program jambanisasi ini tersebar di desa-desa, dengan pengawasan dan pengerjaan langsung dari Koramil jajaran Kodim Kediri, secara berkelanjutan.
Usai sosialisasi, Muspika kecamatan Wates bersama-sama meninjau dan mendata warga masyarakat yg belum memiliki jamban, guna mencarikan solusi yang terbaik kedepan.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال