Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Dengan Flag Rilay, Menggelorakan Nasionalisme dan Patriotisme


Yogyakarta | Jateng, IMC - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke- 73 TNI pada tanggal 5 Oktober 2018, TNI melaksanakan kegtiatan Flag Rilay yang dimulai dari Sabang sampai dengan Merauke memberikan sesuatu yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Para prajurit TNI bersama masyarakat akan menggelar “Flag Relay” atau Bendera Estafet Merah Putih yang melewati beberapa daerah di Indonesia.

Sebelum bendera Sang Saka Merah Putih berkibar di Merauke, Papua, akan dikibarkan secara estafet mulai 28 September hingga 4 Oktober mendatang. Adapun pengarakkan bendera dimulai dari Titik Nol Kilometer di Pulau Sabang sampai Merauke. Adapun daerah yang akan disambangi adalah, Banda Aceh, Pekanbaru Riau, Palembang, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Manado, Makassar, Kupang, Ambon, Sorong dan berakhir di Merauke, untuk dikibarkan pada Upacara HUT ke-73 TNI.

Sementara untuk kegiatan Flag Rilay di Yogyakarta dilaksanakan pada hari Minggu (30/09/2018), pesawat pembawa Bendera Merah Putih dan lambang-lambang satuan mendarat di Bandara Adisutjipto pada pukul 07.30 WIB. Bendera Merah Putih turun dari pesawat disambut dengan tari  Gambyog atau tari selamat datang di Yogyakarta.

Selanjutnya bendera Merah Putih diserahkan oleh petugas dari Mabes TNI kepada Danlanud Adisutjipto Yogyakarta Marsekal Pertama TNI Tedy Rizalihadi. Dengan dikawal dengan 2 kendaraan taktis dari Kikav Yogyakarta dan 1 kendaraan Taktis dari Brimob Yogya serta komunitas Yogyakarta American Jeep menuju kantor DPRD Provinsi DIY di Jln Malioboro.

Sampai di Kantor DPRD Prov DIY bendera Merah Putih dari Danlanud diserahkan kepada Komandan Korem 072/Pmk Brigjen TNI Muhammad Zamroni diarak menuju Istana Gedung Agung dengan berjalan kaki. Dalam pelaksanaan kirab tersebut dilaksanakan dengan estafet.

Dengan diiringi rombongan prajurit pembawa bendera merah putih, pasukan Bergodo DIY, pasukan Paskibraka, Prajurit pengiring, FKPPI dan pelajar. Selanjutnya secara estafet bendera Merah Putih dari Danrem 072/Pmk diserahkan kepada kapolda DIY Brigjrn Pol Drs.  Ahmad Dofiri, Dari Kapolda diserahkan kepoada Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, dari Danlanal dilanjutkan diserahkan kepada Dandim 0734/ Yogyakarta Letkol Inf Bram Pramudya, dari Dandim  0734/Ygy diserahkan kepada Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Armaini, dari Kapolresta diserahkan kepada Kasubag Perlengkapan Istana Gedung Agung bapak Budi Nuryanto, dari Kasubag Perlengkapan diserahkan kepada Sekda Prov DIY Ir. Gatot Saptadi yang mewakili Gubernur DIY, selanjutnya dari Sekda diserahkan kembali kepada Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Tedy Rizalihadi untuk kembali dibawa ke Bandara Adisutjipto dengan dikawal dengan Rantis dari Kikav dan Rantis dari Brimob Polda DIY serta Komunitas Yogyakarta Amerikan Jeep, untuk selanjutnya diterbangkan menuju Bandara Juanda Surabaya.

Dalam keterangan Persnya, Danrem 072/Pmk menyampaikan bahwa dalam rangka memperingati HUT TNI ke-73 ini dilaksanakan Flag Rilay Bendera Merah Putih ini adalah untuk menggelorakan Nasionalisme dan Patriotisme bagi seluruh warga negara Indonesia. (Sty-red)

Share
Banner

KODIM CILACAP

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: