Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Inilah Ruas Jalan yang Akan Ditutup Esok Hari Terkait Pawai Obor yang Melintasi Jakarta Barat



Jakarta, IMC  - Pawai Obor Asian Games atau Torch Relay akan melintas di  kawasan Jakarta Barat, Kamis (16/8/2018). Untuk mengantisipasi kemacetan, Suku Dinas (Sudin) Perhubungan Jakarta Barat akan melakukan rekayasa lalu lintas (lalin). 

Sejumlah ruas jalan akan ditutup sementara guna melancarkan pelaksanaan Pawai Obor. Petugas akan ditempatkan di beberapa titik untuk melakukan pengawasan dan pengamanan arus lalu lintas. 

Pelaksana tugas Kasudin Perhubungan Jakarta Barat, Leo Amstrong Manalu, mengatakan,  pengalihan arus lalu lintas selama pelaksanaan Pawai Obor besok akan dimulai pukul 09.30 hingga pukul 16.00 WIB. 

"Ada dua etape yang berlangsung. Anggota lapangan kini tengah menyiapkan," ujar Leo kepada wartawan, Rabu (15/8/2018).

Pada etape 1, kata dia, Obor Asian Games akan diterima di Kantor Kelurahan Tanah Sereal. Selanjutnya melintasi Jalan KH Zainul Arifin, Jalan Gadjah Mada, Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Pintu Besar Utara, Jalan Kalibesar Barat, dan Jalan Kunir. 

Untuk melancarkan Pawai Obor tersebut, arus lalu lintas dari Jalan KH Mas Mansyur menuju Jalan Gadjah Mada akan dialihkan menuju Jalan Zainul Arifin.

Sementara untuk arus lalu lintas dari simpang Sukarjo Wiryopranoto yang berbelok kanan, akan diarahkan ke kiri menuju Jalan Hayam Wuruk. Sedangkan dari Jalan Jalan Nelayan Timur dibelokkan menuju Jalan Tongkol. 

"Nantinya di etape ini akan dilanjutkan ke etape 2 dari Jalan Kunir menuju RPTRA Kalijodo," jelas Leo.

Pada etape 2 ini, Obor Asian Games akan diarak dari Jalan Kunir, Jalan Kemukus, Jalan Lada, Stasiun Kota, Jalan Asemka, Jalan Tubagus Angke, lalu putar balik menuju Jalan Kepanduan II, dan RPTRA Kalijodo.

Untuk melancarkan etape 2, selain mensterilkan jalanan, pengalihan kendaraan akan dilakukan dari Jalan Mangga Dua. Di kawasan ini, pengendara dilarang belok kanan di samping Asemka. Kendaraan diarahkan melalui Jalan Pintu Besar Selatan. 

Selain itu, arus lalu lintas dari Jalan Jembatan Dua dilarang belok ke Jalan Tubagus Angke. Arus lalu lintas di Jalan Tubagus Angke dari arah Jalan Daan Mogot diarahkan berputar balik di u-turn Jelambar 2. 

Selain itu akan ada penutupan pintu tol. Saat pawai, pintu keluar masuk Tol Angke 1 dan Angke 2 akan ditutup selama acara berlangsung.

Setelah tiba di RPTRA Kalijodo, Obor Asian Games akan diarak menuju kantor Wali Kota Jakarta Utara. Arak-arakan akan melintasi sejumlah ruas jalan. 

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Junaedi, mengatakan setelah menerima Obor Asian Games di kawasan RPTRA Kalijodo dari Pemkot Jakarta Barat, arak-arakan akan dilanjutkan mulai dari Jalan Kepanduan II, Jalan Teluk Gong Raya, Jalan Terusan Bandengan, Jalan Bandengan Utara Raya, Jalan Gedong Panjang, Jalan Kopi, Jalan Roa Malaka Utara, Jalan Kali Besar Barat, dan Jalan Kunir.

Selanjutnya Obor Asian Games diarak mulai dari Jalan Kemukus, Jalan Ketumbar, Jalan Lada, Jalan Jembatan Batu, Jalan Mangga Dua Raya, Jalan Gunung Sahari Raya, Jalan RE Martadinata, Jalan Enggano, dan Jalan Yos Sudarso.

"Hari ini kami akan membahas terakhir dengan sejumlah SKPD dan UKPD. Persiapan akhir pastikan pelaksanaan Torch Relay enggak ada masalah biar lancar," tuturnya.

Berbeda dengan di tempat lain, dalam arak-arakan Obor Asian Games ini akan melibat sejumlah komunitas, seperti Komunitas Vespa, Komunitas Ojek Online dan Pangkalan, Komunitas Moge, dan Komunitas Sepeda. Sejumlah tokoh masyarakat dan atlet juga akan ikut dalam Pawai Obor tersebut. 

"Nanti kami awalkan penjemputan dari RPTRA Kalijodo. Jemput api obor dibawa pakai kendaraan. Dari situ ke wali kota, lalu wali kota ke Pak Menteri. Ada 20 titik yang dilewati, lokasi terakhir di Danau Sunter," pungkasnya. (red/pmj)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: